Duh Dinding Candi Borobudur Bocor

BNews–MAGELANG– Dinding tua candi Borobudur di Kabupaten Magelang bocor. Hingga kini, proses penambahan masih terus berlangsung.
      “Pekerjaan kita kebut sebelum musim hujan tiba. November sudah selesai,” kata Kepala Balai Konservasi Borobudur, Marsis Sutopo.
       Pihaknya melapisi batuan dengan cairan hitam bernama araldit di batuan candi yang sudah dibongkar tersebut. “Saat ini, kami menguji, apakah lapisan kedap air ini benar-benar tidak bocor lagi. Jika air yang kami tuang ini mengering, berarti masih ada kebocoran, dan harus dilapisi kembali,” ujar salah satu pekerja konservasi, Werdi.
        Dia mengatakan, pelapisan kedap air di dinding Candi itu dilakukan dengan cara melapisi dengan timah kemudian baru dilapisi dengan araldit, zat berwarna hitam yang diklaim mampu melindungi kebocoran karena sifatnya yang kedap air.
       Koordinator Pemeliharaan Balai Konservasi Borobudur (BKB), Yudi Suhartono menjelaskan, proses perbaikan sisi timur candi peninggalan dinasti Syailendra ini telah mencapai lebih dari 60 persen dari 75 hari kerja. Perbaikan dilakukan sejak pertengahan September lalu, dan ditargetkan selesai pada bulan November. (ie)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: