Fenomena Ribuan Cacing Keluar dari Tanah, Nitizen : Gara Gara Disinfektan

BNews—SOLO— Sejumlah warga di Solo dikagetkan dengan fenomena kemunculan ribuan cacing ke luar dari dalam tanah. Dari video yang beredar ada ribuan cacing di kawasan Pasar Gede Solo, pagi tadi (18/4/2020).

Cacing itu keluar dari tanah di taman sebelah utara Pasar Gede Solo, lalu merayap hingga ke jalur pedestrian. Salah seorang pedagang di sekitar lokasi itu, Marsono Hadiwiyono, mengatakan cacing yang keluar mencapai ratusan ekor.


“Kalau dikumpulkan bisa satu ember kecil penuh. Saat saya lihat, langsung saya bersihkan karena takut pembeli jadi tidak nyaman karena saya jualan bakso,” katanya.


Warga di sejumlah titik juga mengaku melihat fenomena aneh itu. Warga Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Riri Anwari, mengaku cacing tersebut muncul pada Jumat (17/4/2020) sekitar pukul 05.30 WIB.


“Tidak banyak, mungkin puluhan. Tapi menurut saya aneh sekali, karena tidak biasa. Sebagian saya sapu ke bawah pohon mangga, sebagian lagi mati. Menjelang siang, cacing-cacing itu sudah tidak ada. Sebenarnya tidak masalah, tapi anak-anak jijik karena merayap ke mana-mana. Daripada mereka heboh, saya bersihkan saja,” kata dia.


Kejadian aneh itu juga diunggah oleh akun Instagram @ics__infocegatansolo yang mengunggah ulang video dari pengguna akun @mamad_tpf. Dari video itu tampak ratusan cacing keluar dari tanah dan merayap di jalur pedestrian hingga taman Pasar Gede Solo.


Beberapa bahkan bergerak sampai ke tepi Jl. Urip Sumoharjo. Komentar warganet di akun itu bervariasi, salah satunya mengaitkan dengan gerakan penyemprotan disinfektan sebagai langkah pencegahan persebaran virus corona.

Loading...


Fenomena tersebut memancing berbagai spekulasi dari para netizen. Ada yang mengaitkan fenomena ribuan cacing keluar dari tanah di Solo tersebut dengan penyemprotan desinfektan yang masif dilakukan sebulan terakhir.


Setelah berminggu2 sering kita melakukan penyemprotan, sisa penyemprotan yg menenpel tsb luruh terguyur oleh air hujan + banyak tempat cuci tangan yg airnya terserap oleh tanah, jadilah cacing2 tsb keluar dari dalam tanah,” komentar pengguna akun @annisaekasaputri. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: