Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Jogja, Benda-benda Bergoyang

BNews—JOGJAKARTA— Gempa tektonik berkekuatan 4,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta, Rabu (29/9). Getaran di rasakan beberapa orang dan benda-benda ringan yang bergantungan bergoyang.

Informasi yang dihimpun, gempa tercatat terjadi pukul 12.58WIB. Hasil analisis BMKG DIJ, pusat gempa berada di laut 77 kilometer barat daya Bantul. Tepatnya di koordinat 8,57 lintang selatan dan 100,16 bujur timur dengan kedalaman 40km.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sleman, Ikhsan mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman dari hiposenternya gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis dangkal. Yang mana, diakibatkan adanya aktivitas subduksi dari lempeng Indo-Australia.

Dampaknya, guncangan gempa bumi dirasakan di sekitar Kabupaten Bantul seperti di Pantai Baron dan Kabupaten Pacitan di Jawa Timur. Getaran itu dirasa beberapa orang membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

”Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” kata Ikhsan, Rabu (29/9).

Ia menekankan, hasil pemodelan menunjukkan kalau gempa bumi ini tidak memiliki potensi tsunami. Setelah gempa tersebut, hasil monitoring BMKG DIJ belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Untuk itu, BMKG Sleman mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Meski begitu, tatap menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

Ikhsan turut mengimbau masyarakat memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa. Serta, tidak ada kerusakan akibat dari getaran gempa yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

”Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ujar Ikhsan. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: