Grebeg Gunungan Ramaikan Rangkaian Acara Sutan Satu Suro Di Magelang

BNews–MAGELANG– Sambut Bulan Muhharam tahun 2022 dalam kalender Hijriah, warga di Magelang ini gelar sebuah acara menarik. Yakni Annual Sutan Arts & Cultural Festival bertajuk Sutan Satu Suro yang berlangsung tanggal 27-29 Juli 2022.

Lokasinya di di Dusun Sutan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Event kalikeduanya setelah vakum karena pandemi, kegiatan ini diisi  bermacam-macam agenda. Mulai dari gerebek hasil bumi, lomba mewarnai, hingga pentas seni.

Kegiatan ini diawali dengan lomba mewarnai sebanyak 1.000 anak-anak dari jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah dasar (SD) se-Kecamatan Mertoyudan. Setelah itu, dimeriahkan dengan kirab sejauh satu kilometer yang dipimpin oleh grup drum band Srikandi dari Temanggung.

Camat Mertoyudan Umar Singgih mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kegiatan ini merupakan kreativitas yang menggabungkan banyak hal. Baik dari segi agama, budaya, ekonomi kreatif, serta penumbuhan semangat wawasan kebangsaan,” katanya kepada awak media (27/7/2022).

Ia menyebitkan bahwa kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada 2017 lalu. “Karena sudah punya pengalaman, dan dilakukan evaluasi pasti  ada yang kurang. Dan hal itu pasti diperbaiki dan yang baik tetap ditingkatkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua panitia Joko Sutrisno menuturkan, kegiatan ini sebagai upaya untuk menyambut pergantian tahun baru Islam atau Suro.

Dimana menurut dia selama ini  bulan Suro identik dengan keagamaan dan kebudayaan. Sehingga para warga memiliki inisiatif untuk menggelar kembali Sutan Satu Suro ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Tidak hanya lomba mewarnai dan gerebek hasil bumi, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan festival kesenian, bazar UMKM, lomba dan hiburan; e-sport tournament, dan play ground. Kemudian, rangkaian kegiatan ini bakal ditutup dengan pengajian akbar,” paparnya.

Ia menyebutkan juga bahwa sejauh ini kesenian Jawa perlahan mulai luntur seiring masuknya budaya dan kesenian dari luar daerah, bahkan luar negeri. Sehingga, para pemuda Dusun Sutan berkeinginan untuk memunculkan budaya yang sudah ada sebelumnya dan terus menggalinya.

“Saya berharap generasi muda di Dusun Sutan lebih sadar terhadap budaya di daerahnya dan dapat memperjuangkannya. Karena memang banyak dari mereka yang memiliki keahlian tertentu dan perlu digali lagi. Dan rencananya, kegiatan ini bakal jadi agenda tahunan,” pungkasnya.(bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: