Hasil Rapid Test di Kabupaten Magelang :, 3 Positif, 110 Orang Negatif

BNews–MUNGKID– Pemkab Magelang sudah menerima 150 buah alat rapid test untuk deteksi virus corona (1/4/2020). Alat tersebut telah dipergunakan kepada Orang Dalam Pengawasan (ODP) di wilayah Kabupaten Magelang.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengaku pihaknya sudah menggunakan 140 buah alat rapid test Rabu (1/4/2020). “Alat tersebut dipergunakan kepada warga yang ditetapkan menjadi ODP,” katanya saat siaran live di Radio Gemilang FM Rabu malam.

Alat-alat itu, lanjutnya memang dikhususkan untuk kepada warga yang berstatus ODP. “Dari 140 alat yang terpakai tersebut, hingga Rabu sore pukul 15.00 wib baru terdapat hasil 113 yakni 3 orang dinyatakan positif dan 110 negatif. Sedangkan 27 alat masih menunggu hasil,” terangnya.

“Untuk sisanya yakni 10 buah, dimana akan dipergunakan fokus kepada ODP dan yang punya riwayat kontak erat dengan pasien positif corona,” tegasnya.

Meski dinyatakan positif, pihak Pemkab Magelang belum langsung menetapkan mereka sebagai positif Covid-19. Karena tingkat keakuratan Rapid Test adalah 75 persen.”Namun mereka yang dinyaakan positif langsung dilakukan pemantauan dan harus melakukan isolasi diri,” kata dia.

Zaenal mengakui stok Rapid Test memang tidak banyak, oleh sebab itu Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang diminta membuat surat permohonan kembali ke pemerintah pusati. “Surat tersebut untuk penambahan rapid test kembali,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah koordinasikan untuk siapkan rumah sakit untuk antisipasi penanganan pasien Covid-19. “Kami siapkan beberapa lokasi yakni RSUD Muntilan, RSUD merah putih, RSU Candi Umbul dan RSU Menoreh. Serta kita akan memanfatkan beberapa puskesmas rawat inap jika dibutuhkan,” ungkapnya. (bsn/wan)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: