Hati-hati, 7 Makanan dan Minuman Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong

BNews—TIPS— Kondisi perut kosong yang dialami seseorang bisa membuat rasa lapar. Hingga membuatnya ingin mengkonsumsi berbagai hal.

Padahal, dalam kondisi tersebut, Anda perlu lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan. Sebab, tak semua jenis makanan atau minuman tepat untuk dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong.

Dilansir dari Klikdokter, berikut daftar makanan yang tdak boleh dikonsumsi ketika perut kosong:

Makanan Pedas

Makanan yang bersifat pedas dapat mengiritasi dinding lambung yang sedang kosong. Bila sebelumnya sudah terdapat luka pada lambung, rasa nyeri yang muncul akan lebih parah.

Ada baiknya Anda mengonsumsi makanan pembuka (appetizer) sebelum menyantap makanan utama yang bernuansa pedas. Dengan begitu, sajian pedas tidak serta merta menjadi makanan saat perut kosong. Namun, lebih baik kurangi makanan pedas pada kondisi riwayat maag atau luka pada lambung.

Makanan Asam

Hampir sama dengan makanan pedas, makanan asam juga sangat berisiko mengiritasi dinding lambung Anda. Akibatnya, keasaman lambung akan sangat meningkat. Terutama bagi penderita GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Teh dan Kopi

Ketika Anda mengonsumsi teh ataupun kopi ketika perut sedang kosong, risiko timbulnya perih di area ulu hati akan meningkat. Ini merupakan tanda terjadinya peradangan dinding lambung akibat asam lambung yang tinggi.

Hal ini bisa terjadi karena teh dan kopi mengandung kafein yang diyakini dapat memicu sekresi asam lambung. Akibat tingginya asam lambung, Anda bisa merasakan serangkaian gejala, seperti rasa perih, mual, begah, kembung, sering bersendawa dan lain-lain.

Serangkaian Obat-obatan Tertentu

Ada beberapa obat yang harus dihindari saat perut kosong, misalnya obat aspirin dan obat antiinflamasi non-steroid (OAINS), seperti asam mefenamat, natrium diklofenak, piroksikam, dll. Obat-obatan jenis ini sering dijadikan sebagai terapi antinyeri atau antiperadangan.

Oleh karena itu, pastikan Anda menanyakan petunjuk konsumsi obat dari dokter atau apoteker. Bila Anda mengonsumsi serangkaian obat di atas saat perut kosong, maka berisiko pada timbulnya nyeri hingga perlukaan di lambung.

Lemon dan Air Perasan Lemon

Lemon adalah buah yang bersifat asam. Oleh sebab itu, buah lemon sebaiknya dihindari sebagai makanan saat perut kosong. Dalam kondisi asam lambung yang meningkat, ditambah dengan konsumsi makanan atau minuman yang bersifat sangat asam, perih di lambung dapat timbul.

Bila Anda seorang penderita nyeri lambung kronis dan tetap ingin memperoleh manfaat dari lemon, pastikan Anda mengonsumsi obat dengan rutin. Selain itu, sebelumnya konsumsilah makanan lain yang tidak bersifat asam. Dengan begitu, risiko munculnya gejala perih di lambung Anda dapat dihindari.

Tomat

Tomat mengandung asam tanin dalam kadar yang tinggi. Hal ini tentunya akan meningkatkan keasaman perut. Oleh sebab itu, pada penderita  maag, tomat menjadi makanan yang harus dihindari saat perut kosong. Namun demikian, pada orang yang tidak memiliki gangguan lambung, tomat boleh dikonsumsi kapan saja.

Minuman Berkarbonasi

Bagi orang yang memiliki riwayat maag, konsumsi minuman berkarbonasi pada perut kosong bisa berpotensi buruk akibat kandungan asam karbonatnya. Selain itu, minuman berkarbonasi juga mengandung kafein dalam jumlah tertentu sehingga bisa meningkatkan produksi asam lambung. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: