HORE….Bansos Bagi 12 Ribu KK di Kota Magelang Cair Bulan Ini

BNews—MAGELANG—Kabar gembira bagi warga Kota Magelang yang terdampak Covid-19. Sebanyak 12 ribu kepala keluarga akan segera mendapatkan bantuan yang dicairkan bulan ini.

Hal itu diungkapkan oleh Walikota Magelang Sigit Widyonindito, di rumah dinasnya, kemarin. Menurutnya, ada 12 ribu KK yang akan mendaptkan bantuan dari Kementrian Sosial dan APBD Kota Magelang.

 “Sudah kita kantongi data 12.000 KK. Sekarang kita masih menunggu arahan dari Kemensos untuk menghindari duplikasi data masyarakat penerima manfaat,” ujar Walikota.

Menurutnya, bantuan difokuskan masyarakat terdampak pandemi virus corona. Terutama pekerja informal, keluarga tidak mampu, dan masyarakat berpenghasilan rendah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono menambahkan, pendataan masyarakat calon penerima manfaat sudah tuntas. Dia pun menjamin hasil data-data tersebut sangat objektif karena mendasari usulan dari Ketua RT/RW, maupun para tokoh di masing-masing kampung.

“Tinggal menunggu pendistribusian dari Kemensos berupa uang tunai, dan selanjutnya akan dilakukan oleh Pemkot Magelang pada pekan kedua bulan Mei ini,” jelasnya.

Pemkot Magelang, katanya, memilih untuk menunggu pencairan dari Kemensos agar data tidak tumpang tindih. Termasuk adanya payung hukum, untuk menghindari kesalahan penerapan peraturannya.

“Yang sudah mendapat bantuan dari Kemensos tidak boleh mendapat dari APBD. Sifat APBD sendiri adalah memenuhi kekurangan dari APBN, bila dari pusat hanya diperuntukkan 5.000 KK maka sisanya akan kami penuhi dari APBD, agar 12.000 KK ini terpenuhi semuanya,” paparnya.

Saat ini, kata dia, Pemkot Magelang terus menyempurnakan data penerima bantuan sosial. Juga system pendistribusiannya.

“Proses pendistribusiannya akan memperhatikan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Nanti per kecamatan kita upayakan tempat yang luas, antrean berjarak, petugas memakai APD, dan menyediakan masker bagi masyarakat penerima,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih menyebutkan, bantuan sosial yang dimaksudkan menyasar warga terdampak Covid-19 tanpa terkecuali. Jadi, bukan hanya orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), maupun keluarga yang terpaksa melakukan karantina mandiri saja. (mta/wan)

1 Comment
  1. bowox says

    Pendistribusian bansos diberikan bagi penerima bansos dibln apa ya??

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: