Ini Daftar Kerusakan Banjir Bandang di Bandongan : Dua Bangunan Roboh

BNews—BANDONGAN— Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Magelang telah menginventarisir dampak Banjir Bandang di Dusun Mudan dan Semen Desa Salam Kanci Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Sejumlah rumah dilaporkan rusak dan terancam.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan dampak bencana menyebabkan 12 rumah terdampak banjir, 7 rumah terancam dan dua bangunan roboh. Selain itu ada dua kendaraan bermotor yang ikut hanyut.

“Saat ini telah dilakukan proses recovery bencana banjir bandang itu,” kata dia di sela-sela kegiatan tanggap darurat di Dusun Semen, siang tadi (1/2/2020).

Menruutnya, bencana banjir bandang tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja ada ratusan pengungsi yang sempat menghuni TPQ di dusun tetangga.

Dia menambahkan, Dua rumah warga roboh, sejumlah rumah mengalami kerusakan. Rumah kotor karena kemasukan lumpur, menyebabkan aktivitas masyarakat terhambat.

“Banjir ini menjadikan 64 KK yang mengungsi. Dampak kerusakan, ada dua rumah yang roboh, sejumlah rumah yang rusak, rumah yang kotor kemasukan lumpur, menggangu aktivitas masyarakat. Semua sudah kembali untuk pembersihan rumah. Pengungisinya nihil, tetapi tinggal beberapa lansia,” tutur Edy.

Salah satu warga Semen, Diyono, 47,  mengatakan, banjir bandang terjadi, Sabtu (29/2/2020) sore. Sebelumnya sejak pukul 11.00 WIB, turun hujan. Kejadian sekitar jam 15.00 WIB, terdengar suara gemuruh dan air membanjiri permukiman.

Warga pun mengungsi ke TPA Derepan semalam. Akhirnya, pagi tadi kembali untuk melihat rumah. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: