Ini Daftar PNS yang Dapat THR Hingga Besarannya

BNews–NASIONAL–  Pemerintah tidak memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) semua golongan saat pademi virus corona (Covid-19). Pencairan THR hanya diberikan kepada ASN, TNI dan Polri golongan eselon III ke bawah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan THR ASN TNI dan Polri akan dibayarkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. “Namun pencairan THR tersebut hanya berlaku untuk ASN yang jabatannya setara dengan eselon III ke bawah,” katanya (14/4/2020).

Dijelaskan juga, bahwa THR yang didapat tidak sama seperti tahun sebelumnya. THR tahun ini hanya berupa gaji pokok plus tunjangan melekat seperti tunjangan istri/suami dan anak.

“Seluruh pelaksana dan eselon III ke bawah mendapat THR dari gaji pokok dan tunjangan melekat, tidak dari tukin. Pensiun juga tetap sesuai tahun lalu karena mereka kelompok yang mungkin tertekan juga,” jelas dia.

Dia pun menyebut, Presiden, Wakil Presiden, bersama para menteri tidak akan mendapat tunjangan hari raya (THR) tahun ini. Kebijakan yang sama juga akan berlaku bagi anggota DPR maupun DPD.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Untuk presiden, wapres, menteri, (anggota) DPR DPD, tidak dapat THR dengan keputusan tersebut,” kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 14 April 2020.

Loading...

Sri Mulyani pun menjelaskan, hingga saat ini aturan mengenai pencairan THR masih diproses dan menunggu ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Beleid tersebut nantinya akan berupa Peraturan Presiden (Perpres). “THR akan dilakukan sesuai siklusnya, sekarang proses revisi Perpres sesuai instruksi presiden,” tambahnya.

Ia menyebut keputusan ini diambil sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Pemerintah pun akan segera merevisi peraturan presiden yang mengatur pemberian THR ini.

“Sekarang ini dalam proses melakukan revisi perpres sesuai dengan instruksi Bapak Presiden bahwa THR untuk seluruh pejabat negara dan esleon I serta eselon II tidak dibayarkan,” ungkapnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat memastikan THR dan gaji ke-13 bagi ASN golongan I, II dan III tetap akan dicairkan meski saat ini tengah terjadi wabah virus corona. “Kami sudah membuat hitung-hitungan. Hal itu terkait kemampuan APBN untuk menanggung pembayaranTHR serta gaji ke-13 aparatur sipil negara ( ASN), TNI, dan Polri. Hasilnya, pembayaran THR dan Gaji ke-13 tetap bisa dilakukan untuk aparatur ASN, TNI, dan Polri golongan I, II, dan III,” pungkasnya. (*/islh)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: