Ini Lokasi Sebenarnya yang Disebut “Titik Nol Kilometer Yogyakarta”

BNews–JOGJA– Mungkin banyak orang bingung saat ditanya lokasi tepatnya titik nol Yogyakarta. Sebagian beranggapan, titik nol kilometer yang dimaksud berada di keraton.

Namun, ada yang menduga itu adalah tugu jogja atau tugu pal putih. Sebagian lain beranggapan itu adalah Alun-alun Utara, atau malah di antara dua pohon Beringin yang berada di tengahnya.

Ternyata jawaban tersebut semuanya tidak tepat. Sebenarnya, letak titik nol kilometer berada di lintasan, antara Alun-alun Utara hingga Ngejaman di ujung Selatan Malioboro.

Sebuah papan peringatan resmi di depan bekas bangunan Senisono bisa menjadi petunjuk di mana tepatnya, Titik Nol Kilometer berada. Titik itu berada di sekitar perempatan jalan yang ada di depannya.

Pada akhir tahun 70-an hingga awal tahun 80-an, di tengah perempatan tersebut masih ada air mancur kota. Diperkirakan, letak titik nol kilometer berada di lokasi air mancur ini.

Kawasan di sekitar titik nol kilometer ini merupakan kawasan wisata sejarah.

Di kiri-kanan, ada bangunan-bangunan kuno yang sering juga disebut loji. Yakni, bangunan-bangunan tua yang besar peninggalan Belanda.

Kawasan nol kilometer juga menjadi sentra perekonomian bagi masyarakat Yogyakarta, karena letaknya yang strategis. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: