Bangunan Candi yang Ditemukan di Sawangan Magelang Diduga Terkubur 1000 Tahun


BNews—SAWANGAN— Proses penelitian terhadap temuan diduga bangunan candi di Dusun Windusabrang Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang terus dikaji.


Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah telah melakukan pemeriksaan awal terkait temuan itu. Mereka kemudian akan mengajukan anggaran untuk eskavasi candi ini.
Informasi penemuan candi ini langsung direspon oleh BPCB.

Sembari menunggu prosss persetujuan eskavasi, pihaknya sudah bekerjasama dengan kepolisian.
Polsek Sawangan sejauh ini telah melakukan pengamanan di kawasan penemuan candi. Yakni dengan memasang police line.

Kapolsek Sawangan AKP Tugimin mengatakan, pihaknya telah memasang police line supaya situs itu tidak dirusak oknum tak bertanggungjawab.


Staf Kelompok Kerja Pemanfaatan Pengembangan dan Publikasi BPCB Jateng, Putu Dananjaya, mengatakan temuan candi ini cukup menarik dikaji. Pasalnya bangunan didirikan diantara dua sungai.


“Bangunan ditemukan di lokasi yang diapit dua sungai dan berada di ketinggian,” kata dia.


Temuan di Dusun Windusabrang sangat menarik. “Posisinya yang diapit dua sungai dan berada di daerah yang lebih tinggi dari candi-candi lainnya di sekitar sini, jarang kita temukan,” katanya, kemarin (5/10/2020).

Loading...


Sementara, struktur batuan piroklastik di sekitar lokasi candi menggambarkan bahwa situs ini diduga sempat terkubur material vulkanik letusan Gunung Merapi pada 1.000 tahun yang lalu.

Seperti candi-candi lain di sekitar Yogyakarta yang terkubur material erupsi di periode yang sama.


“Ini juga merujuk pada temuan candi-candi di sekitar Yogyakarta yang terkubur material erupsi pada periode yang sama,” katanya. (her/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: