Innalillahi, Rombongan Umrah Indonesia Kloter 1 dan 2 Positif Corona

BNews—NASIONAL— Sebanyak 13 orang Jamaah umrah Indonesia dari dua kelompok terbang (kloter) berstatus reaktif. Mereka yang terkonfirmasi positif covid berasal dari rombongan kloter pertama dan kedua.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama HM Arfi Hatim mengatakan ke-13 orang yang terkonfirmasi positif kemudian dilakukan Polymerase Chain Reaction (PCR). ”Mereka terdiri dari delapan orang pada rombongan kloter pertama dan lima orang dari kolter kedua,” katanya, Kamis (12/11).

Arfi menjelaskan, penanganan jamaah haji yang positif covid merupakan tanggung jawab Pemerintah Arab Saudi. Adapun kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan advokasi telah ditangani oleh pihak penyelenggara umrah dan Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Di sana, para jamaah diwajibkan melakukan isolasi mandiri sambil menunggu tes swab ulang. ”Sudah dilakukan proses isolasi. Sambil menunggu waktu nanti dilakukan tes swab ulang. Mudah-mudahan hasilnya negatif,” kata Arfi.

Sementara ini, pihaknya akan mengevaluasi kegiatan umrah di tengah pandemi untuk memastikan jamaah umrah datang dan pulang ke Indonesia dalam keadaan sehat. Meskipun, dirinya mengklaim telah membuat upaya pencegahan penularan covid saat kegiatan ibadah umrah dengan baik.

”Sebelumnya kita sudah membuat mitigasi dengan mempertimbangkan segala risiko terburuk. Inilah kemudian yang harus kita evaluasi. Kita harap jamaah yang berangkat dalam kondisi sehat, pulang juga sehat,” pungkasnya (han)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: