Isi Perwal Adaptasi Kenormalan Baru di Kota Magelang

BNews—MAGELANG—Walikota Magelang mengeluarkan surat edaran resmi terkait peraturan adaptasi kenormalan baru di wilayahnya.

Melalui surat nomor 30 tahun 2020 Tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 Bagi Masyarakat Kota Magelang.

Dalam peraturan tersebut tertuang pencegahan penularan virus corona di tempat atau fasilitas umum. Diantaranya meliputi, satuan pendidikan, kegiatan keagamaan, hotel, restoran, olahraga, pariwisata, pertemuan, sosial budaya, pernikahan, moda transportasi, hiburan dan pusat perbelanjaan.

Selain itu juga mengatur penanganan penemuan kasus, pengawasan pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru. Adapun sanksi administratif dan sanksi sosial bagi pelanggaran.

Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, melalui Perwal nomor 30 tahun 2020 yang telah disahkan ini, segenap kegiatan masyarakat diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.

Ia menyebutkan, warga harus menggunakan masker, seluruh kegiatan masyarakat yang melibatkan orang banyak wajib berizin dan dilaporkan gugus tugas dan lainnya.

“Tidak hanya penggunaan masker, semua kegiatan masyarakat yang melibatkan orang banyak wajib dilaporkan mulai dari gugus tugas. Seperti pengajian, pesta pernikahan, khitanan. Izin ini supaya masyarakat menggunakan protokol kesehatan,” ujar Joko. Dikutip TribunJogja.

Loading...

Meski demikian, Pemkot Magelang tidak akan memberlakukan sanksi yang memberatkan maupun denda bagi warga tidak patuh protokol kesehatan.

Hanya sanksi administratif dan sanksi sosial. Aparat penegak hukum baik, Satpol PP, TNI maupun Polri dilibatkan dalam penertiban.

“Untuk sanksi denda tidak ya. Kami lebih ke sanksi sosial, push up, bersih-bersih dan lainnya,” pungkasnya. (*/rur)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: