Jadi Desa Terbanyak Kasus Covid di Magelang, Ini Kata Kades Krincing

BNews–SECANG– Desa Krincing Kecamatan Secang Magelang merupakan kawasan kasus terbanyak pasien positif Covid-19 di Kabupaten Magelang. Meski demikian, Pemdes menjamin warganya tetap aman.

Hingga tanggal 26 Mei 2020 masih berjumlah 42 orang terkonfrimasi positif dari total 70 pasien. Kebanyakan merupakan klaster gowa.

Kepala Desa Krincing Heri Purwanto mengatakan mayoritas kasus Covid-19 di desanya merupakan Kluster Gowa. “Benar jumlah tersebut, namun semuanya menjalani perawatan di Rumah Sakit. Dan kebanyakan merupakan klaster Gowa,” katanya (26/5/2020).

Heri juga mengungkapkan bahwa sebenarnya Klaster Gowa yang berangkat dari Desa Krincing mayoritas dari Pondok Pesantren. Jumlahnya sekitar 300-an orang.

“Namun setelah pulang dari Gowa tidak semua berada di Desa Krincing. Hanya sekitar 50-an orang Klaster Gowa yang berada di wilayah kami,” imbuhnya.

Setelah pulang, lanjutnya mereka telah dilakukan rapid test dan swab. “Hasilnya sekitar 25-an orang dinyatakan positif. Mereka sebagian menjalani perawatan di Rumah Sakit, dan sebagian sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan sisanya hasil swabnya negatif,” paparnya.

Ia juga menjelaskan bahwa di Desa Krincing telah dilakukan Rapid Test Massal kepada warganya. “Kami sudah lakukan Rapid Test kepada sekitar 200-an lebih warga secara bergelombang, sebanyak 5 kali sejak bulan lalu. Hasilnya sebagian besar negatif, dan sisanya reaktif dan lanjut swab,” jelasnya.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Untuk hasil swab yang dilakukan sejak 13 hari yang lalu memang terdapat yang positif merupakan klaster gowa. Dan itu sudah termasuk menjalani perawartan di Rumah Sakit,” ujarnya.

Menurutnya, dari hasil tersebut warga Desa Krincing lainnya aman dari hasil tracking dan tes massal tersebut. “Saya harap sudut pandang masyarakat di luar Desa Krincing kepada warga kami bisa dirubah. Mereka aman, karena yang positif sudah menjalani perawatan dan hasil tracking hasilnya bagus,” harapnya.

“Namun saya tetap menghimbau kepada warganya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dan tentunya himbauan pemerintah. Kita akan bersama-sama putus rantai penularan virus tersebut,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: