Jangan Asal Pakai! Simak Tips Menggunakan Masker dan Cara Merawatnya

BNews–KESEHATAN--Sebelumnya, Anda akan selalu membawa dompet dan hp sebelum beraktivitas di luar rumah, kan? Namun kini, benda wajib yang perlu Anda bawa akan bertambah sejak munculnya virus corona. Di mana Anda juga harus selalu membawa dan menggunakan masker.

Penggunaan dari masker ini bukanlah tanpa alasan, dengan adanya masker, Anda bisa beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman. Mengingat masker bisa mencegah droplet masuk ke dalam tubuh Anda. Dengan kata lain, Anda bisa terhindar dari penyebaran virus corona jika menggunakan masker.

Ketatnya anjuran untuk menggunakan masker bahkan membuat pihak kepolisian rutin melakukan patroli di beberapa titik tertentu. Jika Anda apes dan kedapatan tak menggunakan masker; bersiaplah untuk langsung mendapatkan saksi.

Saksi yang diberikan cukup beragam, mulai dari denda berupa uang hingga saksi tenaga untuk membersihkan lingkungan sekitar. Agar tidak mendapatkan saksi tersebut, pastikan Anda tidak lupa untuk selalu membawa masker. Sekalipun pergi ke tempat yang berjarak tidak jauh dari rumah, penggunaan masker tetap saja tidak boleh diabadikan, ya.

Tips Menggunakan Masker

Memilih masker yang mahal dan tepat saja tidak cukup, Anda pun juga harus mengetahui bagaimana tips menggunakan masker yang baik dan benar. Dengan begitu, masker Anda pun bisa lebih efektif dalam mencegah penyebaran virus. Agar Anda tak lagi melakukan kesalahan, langsung simak tips menggunakan masker berikut.

  1. Bersihkan Tangan
Loading...

Sebelum menggunakan masker dan memasangnya di kepala Anda, pastikan dulu bahwa kedua tangan Anda dalam kondisi yang benar-benar bersih. Memegang tangan dalam kondisi yang kotor atau bahkan dipenuhi kuman hanya akan membuat kuman tersebut menempel ke masker Anda. Gunakan sabun antiseptic agar tangan Anda bersih dengan maksimal. Jika tak ada air mengalir, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan hand sanitizer. Setelah memastikan tangan bersih, segera keringkan sebelum menggunakan masker. Alih-alih memegang bagian tengah masker, akan lebih baik jika Anda memegang bagian tali masker saja.

2.Cek Kondisi Masker

Hal yang tidak kalah penting yakni mengecek kondisi masker dengan baik. Selain memperhatikan kebersihan masker, cek juga apakah masker memiliki cacat atau kerusakan. Jika Anda mendapati kerusakan seperti adanya lubang, sebaiknya Anda mengganti masker tersebut dengan yang lain. Tetap menggunakan masker yang rusak hanya akan membuat perlindungan yang diberikan masker pun berkurang.

3.Perhatikan Bagian Masker

Pada umumnya, masker akan hadir dengan dua warna yang berbeda pada setiap sisi. Perbedaan warna ini perlu Anda perhatikan untuk mengetahui mana bagian dalam dan luar masker. Untuk masker bedah yang biasa Anda temukan di pasaran, sisi yang berwarna hijau atau biru haruslah berada di luar. Sebaliknya, sisi berwarna putih yang akan menempel di mulut dan hidung Anda. Menggunakannya secara terbalik pun bisa berisiko mengurangi keefektifan masker.

Selain memperhatikan bagian dalam dan luar masker, perhatikan juga mana bagian atas dan bawahnya. Sisi masker yang dilengkapi dengan kawat akan menjadi bagian atas masker yang menempel dengan hidung. Jangan lupa untuk juga merekatkan bagian atas ini agar tidak ada celah untuk droplet masuk. Bagi pengguna kacamata, merekatkan masker membentuk pola hidung juga akan membuat masker lebih nyaman dan kacamata tidak mudah mengembun. Untuk bagian bawah masker, jangan lupa unuk menariknya ke dalam hingga menutupi area bawah dagu.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

4.Gunakan Masker dengan Ukuran yang Pas

Ukuran menjadi hal yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik saat akan memilih sebuah masker. Menggunakan masker yang terlalu kecil atau terlalu longgar, tentu tidak nyaman saat digunakan. Tidak hanya itu saja, masker yang longgar juga tidak efektif dalam menghalang droplet masuk ke tubuh Anda. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan masker dengan ukuran yang pas dan mampu menutupi area hidung Anda dengan sempurna, ya. Di sisi lain, penggunaan masker yang terlalu kecil atau sempit hanya akan membuat Anda kesulitan dalam bernafas.

5.Jangan Menyentuh Masker

Selama menggunakan masker, sebaiknya Anda tidak menyentuh masker dan area wajah Anda lainnya. Menyentuh masker berulang kali hanya akan membuat masker Anda mudah kotor dan tertempel kuman. Sekalipun harus melepasnya karena ingin minum, sebaiknya Anda hanya memegang bagian tali masker dan bukan bagian depannya. Jika bagian depan tidak sengaja tersentuh, segera bersihkan tangan Anda menggunakan sabun atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

6. Bawa Kantong Plastik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masker tidak seharusnya Anda buka dan diletakkan di area leher atau dahi. Agar masker tetap dalam kondisi yang bersih saat akan digunakan kembali, lepas masker Anda dan masukkan ke dalam kantong plastik bersih. Pastikan kantong plastik yang Anda bawa bisa dengan mudah dibuka tutup. Menyimpan masker di dalam kantong plastik akan membuat masker Anda tetap bersih dan tidak mudah terkena debu. Selain berguna untuk menyimpan masker yang telah dilepas, masker cadangan yang Anda bawa juga sebaiknya ada di dalam kantong plastik.

7. Jangan Malas Menggunakan Masker

Beberapa dari Anda tentu memiliki kebiasaan membuka dan menutup masker. Ketidaknyamanan membuat hal ini kerap dilakukan. Saat harus membuka tutup masker, tentu Anda akan meletakkan masker di area leher atau dahi, kan? Kebiasaan ini tentu perlu Anda kurangi sebisa mungkin. Menempel masker ke area dahi atau leher akan membuat masker menjadi mudah kotor dan tertempel kuman. Di sisi lain, Anda juga memberikan ruang untuk virus masuk ke dalam tubuh Anda. Mengingat tidak adanya perlindungan di area pernapasan dan mulut. Saat harus makan atau minum, lepas masker Anda dan segera gunakan kembali.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

8. Ganti Masker Secara Rutin

Anda memang dianjurkan untuk menggunakan masker setiap ke luar rumah, namun bukan berarti Anda hanya mengandalkan satu masker yang sama dan itu-itu saja, ya. Pasalnya, Anda pun dituntut untuk rutin dalam mengganti masker. Terlebih jika masker yang Anda gunakan merupakan masker kain. Masker jenis yang satu ini hanya efektif jika digunakan selama 4 jam berturut-turut. Terlepas dari itu, Anda perlu menggunakan masker kain yang baru. Hal inilah yang membuat Anda perlu membawa masker kain cadangan setiap kali bepergian.

Di sisi lain, jika masker yang Anda gunakan merupakan masker bedah yang sekali pakai. Tentu Anda sebaiknya tidak menggunakan masker ini setiap hari. Langsung buang masker tersebut ketika sudah Anda gunakan satu hari penuh. Berbeda dengan masker kain yang bisa dicuci, masker bedah sekali pakai ini tidak bisa Anda cuci dan dikenakan kembali. Agar persediaan masker bedah di rumah tetap terjaga, langsung beli masker bedah dalam kemasan dus yang berisi puluhan masker di dalamnya. Selain lebih hemat, Anda pun tak perlu membeli masker terlalu sering.

Tips Merawat Masker Kain

Berbeda dengan masker kesehatan lainnya yang bersifat sekali pakai, masker kain merupakan salah satu jenis masker yang bisa Anda gunakan secara berulang. Di mana Anda bisa mencuci masker kain tersebut setelah digunakan. Bagi Anda yang lebih ingin tampil fashionable dan malas membeli masker secara terus-menerus, penggunaan masker kain ini bisa jadi pilihan yang tepat. Lantas, bagaimana cara merawat dan mencuci masker kain? Jika Anda juga penasaran dengan hal ini, simak ulasan berikut.

  1. Cuci Masker Secara Rutin

Mencuci masker kain perlu Anda lakukan secara rutin, di mana Anda perlu langsung mencucinya setiap kali selesai digunakan. Agar masker kain bisa bersih dengan maksimal, gunakan air panas dengan suhu minimal 60 derajat saat mencucinya. Jangan lupa untuk menggunakan deterjen atau sabun agar masker kain bisa benar-benar bersih. Penggunaan air panas disini bertujuan untuk membuat masker agar bisa kembali steril.

Ada satu cara lagi yang bisa Anda pilih untuk mencuci masker kain. Di mana Anda bisa mencucinya menggunakan air bersuhu ruangan bersama deterjen atau sabun. Nah, jika sudah, Anda bisa langsung merebus masker yang sudah dicuci tersebut selama kurang lebih 1 menit. Jika Anda memang berada di situasi yang tidak memiliki air panas atau air mendidih untuk rebusan, Anda bisa mengakalinya dengan merendam masker dalam 0.1% klorin sebelum akhirnya kembali dibilas.

2. Cuci Masker Secara Halus

Selama mencuci.masker lain, sebaiknya Anda selalu berhati-hati dan mencucinya secara perlahan. Hindari mencuci masker kain secara kasar atau agresif. Alih-alih membuat kuman dan kotoran hilang, hal ini hanya akan membuat tekstur kain mudah rusak dan tidak lagi nyaman digunakan. Untuk itu, cucilah masker kain secara manual menggunakan tangan dan jangan gunakan papan cuci atau mesin cuci, ya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

3. Keringkan Masker Kain

Setiap kali selesai dibersihkan, jangan lupa untuk selalu mengeringkan masker kain sebelum akhirnya digunakan kembali. Jemur masker kain tepat di bawah sinar matahari agar sisa kuman atau bakteri jagat bisa sepenuhnya hilang dari masker. Sebisa mungkin hindari mengeringkan masker kain di dalam ruangan. Jika kain tidak segera kering, hal ini hanya akan membuat masker kain mudah lembap dan ditumbuhi oleh bakteri.

Anda juga bisa menyetrika masker kain terlebih dahulu sebelum akhirnya digunakan. Proses menyetrika dengan suhu panas ini akan membuat masker lebih bersih dari sisa kuman dan bakteri. Setelah disetrika, barulah Anda bisa kembali menggunakan masker kain dengan nyaman.

4. Perhatikan Masa Pakai Masker Kain

Sekalipun bisa dicuci dan kembali digunakan, bukan berarti masker kain tidak memiliki keterbatasan masa pakai. Sebaliknya, masker kain hanya efektif digunakan setelah melakukan tahapan atau proses mencuci sebanyak 30x. Jika lebih dari angka tersebut, bisa dipastikan bahwa tingkat keefektifan masker kain mulai menurun. Agar penggunaan masker kain tidak melebihi masa pakainya, catat berapa kali Anda sudah mencuci setiap masker kain.

Itu tadi cara merawat masker kain yang perlu Anda ingat dengan baik. Khususnya bagi Anda yang memang lebih sering menggunakan masker kain dibandingkan dengan jenis masker yang lainnya. Sekalipun masker Anda dalam kondisi yang sudah bersih dan bisa memberikan perlindungan maksimal terhadap penyebaran virus, Anda tetap dianjurkan untuk selalu melakukan physical distancing.

Terlebih jika berada dalam kerumunan orang asing. Pertahankan jarak fisik minimal 1 meter dengan orang asing untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Jangan lupa untuk juga rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Semakin baik protokol kesehatan yang sudah Anda terapkan, tubuh Anda pun bisa lebih terjaga secara optimal dari penyebaran virus. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: