Jaringan 5G Resmi Diluncurkan di Indonesia

BNews—NASIONAL— Layanan jaringan 5G diluncurkan di Indonesia pada hari ini, Kamis (27/5/2021). Telkomsel menjadi operator pertama yang menyediakan jaringan 5G di Indonesia usai mengantongi izin commercial operation permit dari Kementerian Kominfo.

Rencana peluncuran itu sudah diumumkan oleh Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro beberapa waktu lalu. Peluncuran akan dilakukan terbatas pada sejumlah wilayah lebih dulu yakni di Jabodetabek dan daerah lainnya.

Untuk Jabodetabek, wilayah yang pertama kali mencicipi 5G adalah Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra dan Alam Sutera.

“6 lokasi coverage di residential, tidak hanya mall tapi residential, seluruh residential seluruh Kelapa Gading misalnya,” kata Setyanto. Dilansir dari CNBCIndonesia.com.

Lebih lanjut, dia menyebut bahwa jaringan 5G juga akan hadir di sejumlah kota lainnya. Yakni Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar dan Bandung.

Telkomsel akan mengadakan 5G pada pita frekuensi 2,3 GHz dengan lebar 30 MHz, jadi akan digelar 2300-2330 MHz.

Setyanto juga menjelaskan, pelanggan Telkomsel nantinya tak perlu mengganti Kartu SIM untuk menikmati layanan 5G. Asalkan sudah menggunakan jaringan 4G sebelumnya.

Soal harga, Setyanto belum mau berkomentar banyak. Namun menjanjikan harga paketnya akan terjangkau dan memiliki layanan terbaik.

“Kami akan memberikan layanan yang terbaik. Tentu saja secara kualitas, speed (kecepatan), latensi maupun kapasitas jauh lebih baik dari 4G. Dengan harga yang affordable,” ungkap Setyanto.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate mengatakan dengan izin tersebut menjadikan Telkomsel operator pertama yang menyelenggarakan 5G.

“Dengan izin ini Telkomsel menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan 5G dan akan diluncurkan pads 27 Mei 2021 dan dapat dinikmati secara terbatas dan bertahap,” jelasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: