Beberapa Titik Taman di Kota Magelang Dipercantik Dengan Seni Mural

BNews–KOTA MAGELANG– Berbagai upaya Pemerintah Kota Magelang untuk memperindah wilayahnya. Salah satunya dengan penataan taman kota agar lebih indah dan menarik.

Kali Pemkot melakukan membuat mural di dinding atau tembok juga seni instalasi taman-taman kota.

“Dengan adanya mural ini, keberadaan ruang terbuka publik di Kota Magelang menjadi lebih berestetika dan cantik,” ungkap Kabid Pengelolaan PJU, Pertamanan, dan Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang, Yetty Setyaningsih. Dikutip ME (19/10/2020).

Menurutnya, nantinya setiap titik seni mural dan instalasi yang dibuat ini punya filosofi sendiri-sendiri.  “Rencana akan terdapat 53 titik taman ayang akan ditata. Namun tidak semua taman dilengkapi dengan seni mural dan instalasi. Hanya di titik-titik tertentu, yang berada di kawasan perbatasan dan jalan protokol,” imbuhnya.

“Kita melibatkan staff saja. Beruntung kita memiliki staf DLH yang memang piawai berolah seni lukis, salah satunya mural. Ada Mas Rendra dan Mas Ari Prayudi, mereka berdua yang melukis dan hampir tersebar di semua taman di Kota Magelang,” ujarnya.

Tidak hanya sekali ini, DLH memberikan sentuhan seni di area taman-taman kota. Di taman Skateboard, Jalan Jenderal Sudirman misalnya, pernah wadah apresiasi seni kalangan pecinta mural.

“Kita mengajak serta kalangan milenial waktu itu untuk menyalurkan bakat dan seninya di taman-taman kota. Ternyata, kreasi mereka sangat bagus,” ucapnya.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Yetty berharap, kedepan ruang terbuka publik semakin menarik dengan hadirnya mural. “Aksi mural ini juga untuk memberikan kesadaran kepada semua pihak untuk merasa memiliki taman-taman kota. Selain itu, juga menjadi pembinaan tak langsung agar tidak ada lagi budaya bukan corat coret atau aksi vandalisme di dinding yang mengotori,” harapnya.

Diungkapkannya juga, bahwa seni mural memiliki nilai estetika. Dipasangnya mural dan instalasi, di sejumlah taman juga sebagai media pembelajaran; khususnya bagi kalangan milenial untuk mencintai seni karena temanya mencintai lingkungan.

“Untuk tema yang dipasang sebagian besar tentang ikon dan landmark Kota Magelang. Jadi kalau orang masuk ke Kota Magelang langsung paham bahwa inilah kekhasan di Kota Magelang,” ujarnya.

Selain di taman-taman kota, mural juga dipasang di sejumlah tanggul di kawasan perbatasan.

“Jadi kalau ada pengunjung datang ke Kota Magelang, begitu masuk gerbang akan disuguhkan pemandangan indah bunga pagoda yang akan selalu mekar terus. Di sisi lain, tanggul kali juga dihiasi dengan mural dan seni instalasi ikon Kota Magelang,” pungkasnya. (*/her)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: