Jelang Erupsi, Puncak Gunung Merapi Kembali Gugurkan Material

BNews—DUKUN— Kondisi Gunung Merapi, Senin pagi (28/12), masih terus menunjukkan aktivitas vulkanis menjelang erupsi. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan suara gemuruh yang terdengar dari Pos Pengamatan Babadan di Kabupaten Magelang.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida menuturkan, hingga kini Merapi masih terus melakukan aktivitas vulkanik. Meskipun masih fluktuatif, kondisi Merapi masih siaga.

”Dari laporan yang masuk dari tim pengamatan, terdengar empat kali suara guguran dengan intensitas lemah dan sedang dari pos pengamatan Babadan,” tuturnya, Senin (28/12).

Hanik mengatakan, dengan adanya suara gemuruh tersebut, menunjukkan terjadinya guguran di puncak Merapi. Hanya saja, pihaknya tidak bisa melihat secara visual lantaran puncak Merapi tidak terlihat karena faktor cuaca.

”Kalau terlihat, ya, kita laporkan terlihat guguran hingga arah guguran,” katanya.

Secara meteorologi, sejak pukul 00.00-06.00WIB, cuaca terpantau berawan dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur. Suhu udara 13,5-26,1 derajat selsius. Kelembaban udara 71-80 persen dan tekanan udara 626,3-686,9 mmHg.

Secara kegempaan, dilaporkan terjadi 16 kali gempa guguran, 15 kali gempa hembusan. Kemudian terjadi 71 gempa fase banyak, 17 kali gempa vulkanik dangkal serta satu kali gempa tektonik jauh.

”Kami masih tetapkan status Merapi siaga atau Level III. Masyarakat kami imbau menjauh dari jarak lima kilometer dari puncak Merapi,” imbaunya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: