Jokowi Beli ’Gombloh’, Si Jumbo Juara 5 Kontes Sapi di Grabag

BNews—JOGJAKARTA— Presiden Joko Widodo membeli seekor sapi jenis Simetal dengan bobot 940 kilogram milik seorang peternak dari Sedayu, Bantul. Sapi tersebut akan dijadikan hewan kurban saat Idul Adha 1441H.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul Joko Waluyo mengatakan, sapi bernama Gombloh tersebut berasal dari Argomulyo, Sedayu, Bantul. Dengan pemilik peternakan bernama Rika Daru Effendi, 28.

Joko menerangkan jika sapi berusia 3,5 tahun yang dibeli oleh Jokowi ini dipilih oleh tim dari Kementerian Pertanian dan Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates. ”Semula ada lima peternak yang ikut seleksi. Tiga peternak dari Bantul dan dua dari Sleman. Kemudian yang dipilih dari Sedayu, Bantul,” kata Joko Sabtu, (11/7).

”Sapi jenis Simetal dengan bobot lebih kurang 940 kilogram. Dibeli seharga Rp87 juta,” sambung Joko.

Imbuhnya, nantinya sapi tetap dirawat oleh pemilik. Jelang hari penyembelihan nanti akan diambil oleh petugas.

”Sementara masih dititipkan ke pemilik. Nanti diambil di hari H (Idul Adha). Sapi akan tetap kita pantau kondisinya sampai hari H. Dan akan dipotong dimana, kami tidak tahu,” ungkap Joko.

Rika Daru Efendi mengaku tidak pernah menyangka jika sapi peliharaannya masuk dalam nominasi bahkan terpilih menjadi hewan kurban Presiden Jokowi. ”Sebab Gombloh sempat meraih posisi kelima pada kontes sapi di Grabag, Kabupaten Magelang, belum lama ini,” terangnya.

Seusai mengikuti kontes sebelumnya, seorang mantri hewan sempat mengajukan Gombloh sebagai kandidat hewan kurban presiden. Alhasil, jalan mulus didapatkan Gombloh. Meski bersaing dengan banyak sapi, tetapi Gombloh akhirnya terpilih sebagai hewan kurban Presiden Jokowi.

Setelah Gombloh dipilih menjadi hewan kurban presiden, Rika mengaku sempat dihubungi pihak Sekretariat Negara untuk negosiasi harga.

”Sampai pada angka Rp87 juta dan akan dibayar cash,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: