Kapan Corona Berakhir di Indonesia ? Ini Jawaban Para Ahli


BNews—NASIONAL— Sejumlah ahli memprediksi masa berakhirnya pandemi Corona (Covid-19) di Indonesia. Diantaranya dari Institut Teknologi Bandung (ITB).


Tim peneliti Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi (P2MS) ITB, Nuning Nuraini memprediksi, bahwa wabah virus Corona atau coronavirus disease (Covid-19) di Indonesia akan mencapai puncaknya pada akhir maret dan berakhir pada pertengahan April 2020.


Dia menbatakan, bahwa data hasil ini diprediksi dengan menggunakan pemodelan sederhana matematika yang dilakukan ITB. “Tentu perlu dicatat, ini adalah hasil pemodelan dengan satu model yang saya rasa ‘cukup sederhana’ dan sama sekali tidak mengikutkan faktor-faktor yang kompleksitasnya tinggi,” kata Nuning.


Nuning menjelaskan, dalam data dan simulasi covid-19 dari pendekatan model matematika ini pihaknya juga melihat puncak penyebaran pandemi. Setidaknya puncak penyebaran corona terjadi pada akhir Maret ini.

“Puncak jumlah kasus harian covid-19 pada akhir Maret 2020. Dengan kasus harian baru terbesar berada di angka sekitar 600,” ujarnya.

Nuning menyatakan, bahwa bersama timnya tengah berupaya menekan angka kesimpangsiuran informasi di tengah masyarakat. Sebab, kesimpangsiuran informasi dikhawatirkan dapat mengganggu usaha nyata untuk menanggulangi bencana yang sebenarnya.


“Kami berusaha menjawab pertanyaan mendasar tentang epidemi yang sedang terjadi saat ini di Indonesia melalui suatu model matematika sederhana,” imbuhnya.

Dalam membangun model representasi jumlah kasus covid-19 ini, Nuning mengaku bersama dengan timnya menggunakan model Richard’s Curve. Menurutnya, model tersebut terbukti berhasil memprediksi awal, akhir, serta puncak endemi dari penyakit SARS di Hong Kong di 2003.


Model Richard’s Curve mereka uji pada berbagai data kasus covid-19 dari berbagai macam negara. Seperti Tiongkok, Iran, Italia, Korea Selatan, Amerika Serikat hingga data akumulatif seluruh dunia. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: