Kasihan, Bayi Umur 1 Hari Dibuang di Pos Ronda

BNews—JOGJAKARTA— Warga Kalasan, Sleman, DI Jogjakarta digegerkan dengan penemuan seorang bayi yang buang di pos ronda setempat, Minggu (3/1) sekitar pukul 12.00WIB. Beruntung, bayi yang berjenis kelamin perempuan ini dalam kondisi sehat dan selamat.

Saat ditemukan, tubuh bayi mungil tersebut dalam posisi diubet atau dibedong dengan kain motif cokelat, switer dan selimut. Hingga kini, polisi masih memburu orang tua kandung serta mendalami kasus pembuangan bayi tersebut.

Kapolsek Kalasan Kompol Sumantri membenarkan penemuan di pos ronda. Ia mengatakan, sang bayi pertama kali ditemukan oleh karyawati resto dan leisure di Dayakan, Purwomartani, Kalasan.

Minggu siang, saksi bermaksud akan pulang ke rumahnya usia bekerja. Saat di tengah jalan, tepatnya di pos ronda yang jaraknya sekitar 500 meter arah selatan dari tempar kerjanya, saksi melihat ada gerakan seperti tangan bayi yang melambai-lambai.

Penasaran, dirinya kemudian memberanikan untuk mendekati. Dan ternyata benar, ada bayi dengan posisi dibedong dengan kain yang tergelatak di atas pos ronda tersebut.

Bayi itu masih dalam kondisi hidup dan di dekatnya ada sweter serta selimut. Selanjutnya temuan itu dilaporkan kepada pengurus RT setempat dan diteruskan ke Polsek Kalasan.

Mendapat laporan itu, petugas bersama tim medis langsung menuju lokasi penemuan bayi. Petugas medis dari puskesmas kemudian memeriksa kesehatan sang bayi sebelum dievakuasi ke rumah sakit.

”Dari pemeriksaan medis, bayi itu diperkirakan baru berusia satu hari. Untuk perawatan lebih lanjut dibawa ke RS Bhayangkara Polda DIJ,” katanya. 

Sumantri menjelaskan dari temuan di lapangan diduga bayi itu dibuang oleh orang tidak bertanggung jawab. Sehingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan.

Diantaranya dengan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), meminta keterangan beberapa saksi, mencari rekaman kamera CCTV. Dan bersama bidan mencari tahu siapa warga sekitar yang sedang melahirkan.

”Kami masih memburu pembuang bayi perempuan itu. Kami berharap kasus ini segera terungkap,” tegasnya. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: