Kecelakaan Akibat Jalan Rusak Warga Bisa Ajukan Tuntutan

BNews—MAGELANG— Belakangan sejumlah jalan rusak dilaporkan telah mengakibatkan sejumlah pengendara sepeda motor di wilayah Kabupaten Magelang terjatuh. Sesuai Undang undang korban bisa menuntut penanggung jawab jalan tersebut.

Sebagaimana diketahui di Indonesia dibagi menjadi beberapa ruas jalan. Yakni ruas jalan nasional yang ditanggung jawabi pemerintah pusat, Jalan Provinsi dan Jalan desa yang merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten.

Dalam UU Lalu lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Nomor 22 tahun 2009 menyebutkan penyelenggara yang tidak segera memperbaiki jalan sehingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas dapat terkena sanksi. Sanksinya beragam.

Untuk kecelakaan dengan korban yang mengalami luka ringan, sanksi berupa pidana penjara paling lama 6 bulan atau denda paling banyak Rp 12 juta. Apabila korban mendapatkan luka berat, akan dikenakan hukuman pidana maksimal satu tahun atau denda paling banyak Rp 24 juta. Bila sampai mengakibatkan meninggal dunia, maka pidana penjara maksimal 5 tahun atau denda maksimal Rp 120 juta

Tuntutan tersebut, bisa ditujukan ke pihak yang memegang tanggung jawab atas lokasi jalan yang rusak. Seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota.(her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: