Mengenal Power Nap dan Manfaatnya untuk Kesehatan

BNews—KESEHATAN— Power nap adalah istilah yang merujuk pada kebiasaan tidur singkat dalam rentang waktu 10 hingga 20 menit. Aktivitas ini umumnya bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh sejenak dan menyegarkan pikiran tanpa perlu memasuki fase tidur yang dalam.

Apalagi bagi kamu yang cenderung sibuk karena memiliki segudang aktivitas. Bukan cuma memulihkan energi, power nap bisa membantu mengembalikan fokus dan konsentrasi.

Meskipun power nap dan tidur siang memiliki tujuan yang sama, ada perbedaan signifikan antara keduanya. Power nap memiliki durasi yang jauh lebih singkat, biasanya antara 10 hingga 20 menit.

Sedangkan tidur siang dapat berlangsung lebih lama, seringkali mencapai satu hingga dua jam.

Power nap biasanya hanya melibatkan tidur ringan dan tidak memasuki fase tidur yang dalam, sementara tidur siang dapat melibatkan beberapa siklus tidur, termasuk fase tidur yang lebih dalam.

Perbedaan lainnya yaitu, power nap bisa kamu lakukan kapan saja karena tidak butuh waktu lama. Power nap dapat dilakukan kapan saja selama hari dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Sedangkan tidur siang umumnya hanya dilakukan pada siang hari dan memerlukan waktu yang lebih lama. Power nap bertujuan untuk memberikan istirahat singkat dan menyegarkan pikiran.

Tidur siang lebih sering dilakukan untuk mengatasi kelelahan umum atau kurang tidur pada malam sebelumnya. Nah berikut ini beberapa manfaat power nap untuk kesehatan

1. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Power nap membawa manfaat yang signifikan untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Saat kamu terus menerus mengerjakan tugas yang butuh konsentrasi tinggi, bukan tidak mungkin otak menjadi lelah dan kurang efisien.

Nah, saat kamu memberikan waktu istirahat lewat aktivitas ini, otak punya kesempatan untuk rileks dan memulihkan energi. Alhasil, kamu bisa kembali mengerjakan tugas dengan pikiran yang lebih tajam dan produktif.

2. Mengurangi kelelahan

Tidur yang sangat singkat tentu saja tidak akan menghilangkan rasa lelah. Namun, cara ini setidaknya bisa sedikit mengurnagi rasa lelahmu.

Alasannya, power nap dapat berfungsi sebagai reset cepat untuk otak sehingga membantu mengurangi tingkat kelelahan tersebut.

Selama tidur singkat, tubuh memiliki kesempatan untuk merestorasi energi yang diperlukan untuk mengatasi kelelahan mental. Sebagai hasilnya, kamu bisa merasa lebih segar dan siap menghadapi tugas-tugas selanjutnya.

Ketika kamu tidak memberikan tubuh beristirahat saat kelelahan, kamu rentan mengalami Afternoon Slump, pemicu kelelahan di sore hari.

3. Memperbaiki suasana hati

Manfaat lain yang bisa kamu rasakan yaitu suasana hati atau mood yang lebih stabil. Saat kamu kelelahan, kamu berpotensi stres sehingga mood bisa berubah menjadi negatif.

Apabila kamu memberi tubuh kesempatan untuk istirahat lewat power nap, tingkat stres bisa sedikit berkurang. Dengan begitu, mood bisa membaik dan kamu merasa lebih sejahtera.

4. Menjaga kesehatan jantung

Rutin melakukan power nap nyatanya bisa menjaga kesehatan jantung. Selama tidur, tubuh memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah dan meredakan stres. Ketika stres berkurang, tekanan darah juga lebih terkendali.

Itulah alasan kenapa tidur singkat dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Memperbaiki daya ingat

Aktivitas ini juga berperan penting dalam meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Saat kamu tidur, otak aktif menyatukan memori dan informasi yang baru dipelajari.

Oleh sebab itu, tidur singkat dapat menjadi waktu yang efektif untuk mempertahankan informasi dan memperbaiki daya ingat. Hal ini memungkinkan kamu untuk belajar dengan lebih efisien.

6. Mengoptimalkan kinerja fisik

Power nap juga dapat memberikan manfaat bagi kinerja fisik. Misalnya para atlet yang menggunakan cara ini untuk memulihkan energi dan memaksimalkan performa mereka.

Proses pemulihan selama power nap membantu mengurangi kelelahan otot dan meningkatkan stamina. Alhasil, seseorang mampu mencapai kinerja fisik yang lebih optimal.

Sumber: halodoc

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: