Kenali 5 Jenis-Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

BNews–TIPS-– Semua orang tentu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Berbagai hak tidak terduga sangat mungkin terjadi dan kerap kali membuat seseorang tidak siap untuk menghadapi risiko yang terjadi.

Nah, disinilah pentingnya peran asuransi dalam memberikan perlindungan terhadap kerugian atau risiko yang dapat terjadi di masa depan.

Tentunya, ada banyak jenis-jenis asuransi di Indonesia yang bisa dipilih untuk mengalihkan berbagai risiko tersebut. Lantas, apa saja jenis asuransi tersebut?

Inilah 5 Jenis-Jenis Asuransi yang Terdapat di Indonesia

Asuransi memang sangat penting, namun Anda harus cermat dalam memilih jenis asuransi yang akan dibeli. Ketidaktahuan seseorang akan manfaat dari setiap produk asuransi seringkali membuat mereka merasa tertipu karena tidak sesuai dengan ekspektasi.

 Padahal, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda mencari tahu lebih banyak mengenai jenis asuransi dan manfaatnya tersebut. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia sekaligus manfaatnya:

1. Asuransi Kesehatan

Salah satu produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi adalah asuransi kesehatan. Manfaat asuransi kesehatan ini adalah memberikan pertanggungan atas biaya kesehatan maupun pengobatan suatu penyakit. Beberapa penyakit dan kondisi kesehatan yang umumnya ditanggung oleh asuransi adalah cedera, cacat, dakit, kecelakaan, hingga kematian.

Sementara itu, asuransi kesehatan juga terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari asuransi rawat jalan, rawat inap, asuransi personal, asuransi pemerintah, asuransi kelompok, hingga asuransi swasta.

2. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini memberikan keuntungan finansial berupa pertanggungan atas kematian. Tujuan dari asuransi jiwa adalah memberikan perlindungan atas terjadinya kerugian finansial maupun hilangnya pendapatan seseorang yang disebabkan karena adanya kematian anggota keluarga tertanggung yang menjadi sumber nafkah bagi keluarganya. Dengan adanya pertanggungan dari pihak asuransi, maka keluarga tersebut bisa tetap melangsungkan hidupnya pasca kematian salah satu anggota keluarganya tersebut. Ada lima jenis asuransi jiwa diantaranya adalah asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa dwiguna, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi unit link, dan asuransi murni.

3. Asuransi Properti

Salah satu aset yang memiliki nilai tinggi adalah rumah atau properti. Karena memiliki nilai tinggi, maka properti terbilang cukup berharga sehingga membutuhkan perlindungan. Nah, salah satu cara untuk memberikan perlindungan terhadap properti adalah dengan membeli asuransi properti.

Jenis asuransi satu ini dapat memberikan perlindungan terhadap rumah dari berbagai risiko. Mulai dari kerusakan rumah akibat kebakaran, banjir, atau faktor lainnya. Bahkan, asuransi ini juga bisa memberikan perlindungan pada rumah jika mengalami pencurian ataupun kehilangan barang berharga.

4. Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi yang tidak kalah penting lainnya adalah asuransi pendidikan. Asuransi ini terbilang cukup banyak digunakan oleh para nasabah. Sebab, asuransi ini menjadi solusi dan alternatif terbaik untuk menjamin kehidupan yang lebih baik dalam hal pendidikan anak.

Memiliki asuransi pendidikan bisa dikatakan sebagai pilihan terbaik dalam rangka mempersiapkan masa depan anak tercinta. Pasalnya, saat ini biaya pendidikan cukup tinggi dan selalu ada kenaikan hingga 10% per tahunnya. Dengan memiliki asuransi pendidikan, maka orang tua tidak merasa terbebani dengan biaya pendidikan anak di masa mendatang.

5. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan kepada nasabah ketika melakukan perjalanan. Melalui asuransi ini, nasabah bisa mendapatkan pertanggungan atas biaya kecelakaan, kehilangan barang bawaan, dan biaya pengobatan. Dengan melindungi diri menggunakan asuransi perjalanan, maka Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Mulai dari pesawat terlambat, sakit dan membutuhkan perawatan dalam perjalanan, bagasi hilang, hingga kecopetan.

Nah, itu dia jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia. Selain lima asuransi tersebut, masih banyak jenis asuransi lainnya yang sudah tersedia di Indonesia. Mulai dari asuransi motor, asuransi smartphone, asuransi pengiriman barang, asuransi dana pensiun, asuransi kredit, asuransi santunan tunai harian, asuransi motor, dan asuransi bisnis. Dengan banyaknya pilihan produk asuransi, maka setiap orang bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: