Kenang Perjalanan Yesus di Bantaran Kali Senowo

0
123

BNews–DUKUN– Peringatan Jumat Agung oleh Umat Khatolik Gereja Santo Petrus Canisius Lor Senowo, Paroki Santo Maria Lourdes Sumber Kecamatan Dukun dilaksanakan berbeda dengan yang lainnya. Rital yang menggambarkan kebangkitan dan perjuangan Yesus itu digelar di bantaran Kali Senowo lereng Merapi.
Prosesi ritual oleh Orang Muda Katolik (OMK) itu dimulai dengan berjalan sejauh 2 kilometer. Rute yang menyusuri persawahan sampai di alur sungai senowo dengan berhenti di 14 titik pemberhentian yang kemudian berakhir di pinggir Kali Senowo dekat Sabodam.
Baik peserta maupun jemaat yang hadir semuanya mengenakan pakaian masyarakat adat jawa. Lengkap dengan caping menggendong dan aksesoris lainnya.
Romo Antonius Abas Kurnia Andrianto, yang memimpin prosesi ini menggambarkan kebangkitan Yesus. Namun, ada perjalanan yang harus dilalui sebelum peristiwa kebangkitan.
Menurutnya, Yesus harus dihukum, dicambuk, dan diludahi. Bahkan, dia harus memanggul salib sebagai lambang beratnya dosa manusia yang harus ditanggung ke Golgota dengan penuh cemooh dari masyarakat yang kecewa.
“Dengan kegiatan ini yang dikuti OMK agar sudah sejak dini mereka mengetahui kasih Yesus yang sudah sengsara demi umatnya,” katanya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here