Ketahui! 8 Fitur Tersembunyi WhatsApp dan Cara Menggunakannya

BNews—TEKNOLOGI— WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Mulai dari urusan bisnis, sekolah hingga pribadi menggunakan Whatsapp sebagai media penghubung.

WhatsApp pun memiliki banyak fitur, tapi para penggunanya tak banyak yang mengetahui fungsinya. Nah berikut ini delapan fitur tersembunyi dari WhatsApp yang perlu dicoba, melansir dari Kompas.com.

Fingerprint unlock

Dilansir dari IndiaTV (16/1/2020), fitur fingerprint unlock atau face ID saat ini tersedia di WhatsApp.

Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan di WhatsApp
  2. Pilih “Akun”
  3. Pilih “Privasi”
  4. Pilih buka untuk “Kunci Sidik Jari/fingerprint unlock”
  5. Aktifkan opsi dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Melihat siapa yang paling sering Anda chat

WhatsApp kini memiliki fitur baru yang memungkinkan Anda melihat dengan kontak mana Anda paling sering mengobrol atau di grup mana Anda paling sering berbagi konten media. Untuk melihatnya, caranya sebagai berikut:

  1. Buka “Pengaturan”
  2. Pilih “Penggunaan data dan penyimpanan”
  3. Pilih “Penggunaan penyimpanan”
  4. Kelola penyimpanan

Menyematkan percakapan penting

Kita semua memiliki satu atau dua orang yang hampir selalu kita kirimi pesan/chat di WhatsApp. Namun, chat itu berpotensi tertimbun dengan chat-chat baru yang muncul, apalagi jika banyak pesan yang tiba di chat yang berbeda.

Untuk memastikan bahwa obrolan tertentu tetap di atas, Anda dapat menyematkan obrolan/chat. Caranya sebagai berikut:

  1. Ketuk dan tahan pada kontak atau grup tertentu yang ingin disematkan
  2. Tekan ikon “Pin” di bagian atas

Sementara, untuk pengguna iPhone, bisa melakukan dengan cukup mudah, yakni geser ke kanan pada obrolan apa pun dan ketuk ikon “Pin”.

Mengganti font tulisan

Dikutip dari CNET (18/11/2020), WhatsApp memungkinkan teks atau font pesan Anda dengan mode bold (tebal), italics (miring), atau strikethrough (menambahkan coretan ke teks) dengan cepat. Untuk melakukannya, Anda perlu menambahkan beberapa karakter khusus sebelum dan sesudah teks yang ingin Anda format.

Jika ingin menebalkan teks di WhatsApp, gunakan tanda bintang (*tebal*). Memiringkan teks dengan garis bawah (_italics_). Dan untuk buat teks coret dengan tilde (~strikethrough~).

Fitur penghapus pesan otomatis

WhatsApp saat ini meluncurkan fitur baru yang memungkinkan Anda mengaktifkan pesan yang menghilang (karena terhapus) untuk percakapan tertentu. Saat diaktifkan, semua pesan Anda akan hilang dari obrolan setelah tujuh hari secara otomatis.

Artinya, Anda tidak perlu repot-repot menghapus pesan-pesan lama yang memenuhi memori ponsel Anda secara manual. Untuk mengaktifkan penghapus pesan otomatis, sebagai berikut:

  1. Nyalakan “Pesan yang Menghilang/Disappearing Messages” dengan mengetuk nama kontak atau obrolan di bagian atas layar Anda.
  2. Pilih “Pesan Menghilang/Disappearing Messages” dari daftar opsi.
  3. Ketuk “Aktif”.

Perlu diketahui bahwa setiap gambar yang Anda kirim atau terima secara otomatis disimpan ke telepon Anda atau penerima. Jadi saat pesan dengan foto tersebut akan hilang, gambar yang sebenarnya masih dapat disimpan.

Melihat detail pesan

Pernah bertanya-tanya jam berapa pesan disampaikan atau dibaca? Anda bisa mengecek detail pesan dengan langkah berikut: Klik pesan dan tahan Pilih “Info”

Untuk pengguna iPhone, Anda cukup gesek ke kiri pada pesan yang Anda kirim untuk melihat statistik itu pada ponsel Anda.

Mematikan percakapan

Saat sedang rapat atau ingin tidak diganggu dengan notifikasi bunyi pesan masuk, maka Anda bisa mematikan/mute percakapan tersebut.

Untuk pengguna Android: Anda bisa menekan lama pada chat yang ingin dibisukan. Ketuk ikon speaker yang dicoret di bagian atas layar.

Untuk pengguna iPhone: Gesek ke kiri di percakapan Tekan tombol titik tiga Pilih “Mute”

Menyembunyikan status “terakhir dilihat/last seen”

Terkadang terlalu banyak tekanan saat mengetahui bahwa orang dapat melihat kapan Anda terakhir online dan itu membuat Anda merasa harus membalas pesan yang tertunda. Jika status Anda tidak ingin orang lain dan ingin menyembunyikan status itu, lakukan langkah ini:

  1. Buka “Pengaturan”
  2. Pilih “Akun”
  3. Pilih “Privasi”
  4. Hapus centang pada kotak atau geser sakelar di sebelah “Tanda Terima Baca/Read Receipts” ke posisi Mati/Off.

Perlu diketahui, dengan menonaktifkan fitur ini otomatis membuat orang lain tidak bisa mengetahui apakah Anda sudah membaca pesan itu atau belum. Namun, obrolan di grup masih akan menggunakan tanda terima telah dibaca atau centang biru.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: