Ketahui Manfaat dan Cara Mudah Membuat Infused Water

BNews—KESEHATAN— Infused water merupakan air yang mengandung buah-buah potong pilihan. infused water bisa menjadi alternatif bagi orang yang kurang menyukai air putih.

Hal ini karena dengan infused water, dapat membantu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Serta mendapatkan manfaat nutrisi dari buah dalam infused water.

Air lemon dan air jeruk nipis adalah jenis campuran yang paling banyak menjadi pilihan untuk minuman sehat ini. Kamu juga bisa menambahkan air dengan rempah-rempah seperti mint, sage, atau basil.

Ada banyak cara yang bisa membuat infused water menjadi lebih bergizi, seperti:

1. Pilih kombinasi bahan sesuai selera

Tidak hanya menggunakan satu pilihan buah atau rempah, kamu bisa mengkombinasikan berbagai buah. Berikut kombinasi yang terbaik untuk membuat minuman sehat ini.

Mentimun, jeruk nipis, stroberi, daun mint.

  • Lemon, raspberry, rosemary.
  • Jeruk, blueberry, kemangi,
  • Semangka, melon, daun mint.
  • Mentimun, daun mint, jalapeno.
  • Lemon.
  • Jeruk, kembang sepatu.
  • Jeruk, kayu manis, kapulaga, cengkeh.
  • Pir.

2. Siapkan bahan-bahannya

Saat sudah menemukan kombinasi yang ingin kamu gunakan sebagai bahan campuran untuk minuman ini, segera siapkan bahannya. Namun, pastikan bahan yang akan kamu gunakan dalam kondisi yang bersih dan segar.

Buah-buahan yang lembut seperti jeruk dan stroberi sebaiknya iris tipis atau dipotong empat. Buah yang lebih keras seperti apel harus diiris sangat tipis.

Hancurkan akar jahe berserat, rosemary, dan serai dengan sendok.  Sobek atau hancurkan daun seperti mint, basil, dan ketumbar.

3. Tentukan waktu dan suhu rendam

Diamkan beberapa saat sebelum kamu mengonsumsi minuman sehat ini. Berikut waktu dan suhu rendam yang tepat sesuai dengan bahannya:

  • Simpan minuman ini pada suhu kamar tidak lebih dari 2 jam. Kemudian masukkan ke kulkas untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
  • Infused water dengan jeruk, melon, dan daun mint bisa segera kamu konsumsi. Namun, penggunaan apel, kayu manis, jahe, dan rosemary perlu perendaman semalam di kulkas.
  • Perhatikan jika kamu menggunakan jeruk beserta kulitnya. Setelah 4 jam, kulit jeruk dapat membuat air terasa pahit.

Manfaat utama dari mengonsumsi minuman ini adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh atau hidrasi. Karena hidrasi yang memadai sangat penting untuk kesehatan.

Dengan menambahkan rasa lezat dari buah dan daun herbal, banyak orang cenderung minum lebih banyak air. Jika kamu sering malas minum air mineral, maka mengonsumsi ini bisa jadi cara lain agar minum air jadi lebih menarik.

Bukan hanya gaya hidup, mengonsumsi infused water juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat rutin mengonsumsinya:

1. Mencegah dehidrasi

Banyak orang yang mengalami dehidrasi akibat malas mengonsumsi air putih. Dengan mencampurkan berbagai buah yang segar, maka kondisi ini membuat kamu akan lebih sering untuk mengonsumsi air putih.

Hasilnya, kamu akan terhindar dari kondisi dehidrasi. Kondisi dehidrasi yang tidak teratasi dengan baik dapat menyebabkan sejumlah keluhan kesehatan. Seperti, sakit kepala, kulit kering, hingga mulut kering.

2. Menurunkan berat badan

Sebaiknya alihkan minuman manis yang sering kamu konsumsi dengan infused water. Minuman sehat ini juga memiliki rasa segar dan manis alami dari campuran buah yang kamu gunakan.

Dengan demikian, kamu bisa menurunkan asupan gula sehingga bisa membantu kamu dalam proses penurunan berat badan. Selain itu, mengonsumsi air putih juga bisa membuat kamu merasa lebih kenyang.

3. Mendukung perawatan kanker

Seseorang yang menjalani perawatan kanker harus selalu dalam kondisi yang terhidrasi. Kamu bisa mengonsumsi minuman sehat ini agar air yang dikonsumsi menjadi lebih segar. Cobalah untuk menambahkan buah-buahan agar minuman menjadi lebih manis.

4. Mengatasi bau mulut

Mengonsumsi air putih bisa membantu untuk mengatasi bau mulut. Namun, tidak ada salahnya kamu menambahkan lemon atau perasan air lemon untuk mencegah bau mulut bertambah parah.

Kandungan vitamin C mampu menjadi alternatif pengobatan alami untuk mengatasi bau mulut. Lemon menjadi salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

5. Mengatasi sakit kepala

Dehidrasi dapat memicu sakit kepala. Kamu bisa mengonsumsi infused water sebagai salah satu cara alami mengatasi sakit kepala.

Selain air dapat membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Campuran daun mint juga bisa membuat kamu menjadi lebih rileks sehingga sakit kepala dapat membaik. Hal ini karena daun mint memiliki senyawa aktif menthol.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Mengonsumsi minuman sehat ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun, kamu harus mencampurkan berbagai rempah yang bisa membantu kamu dengan baik.

Salah satunya adalah cinnamon atau kayu manis. Melansir jurnal Acta Medica Academica, kayu manis berpotensi sebagai anti-insomnia melalui penelitian yang dilakukan menggunakan hewan. Tentunya, masih perlu dilakukan lebih lanjut manfaat kayu manis pada manusia.

Itulah berbagai manfaat infused water untuk kesehatan. Pastikan kamu selalu menggunakan campuran buah yang sudah dibersihkan untuk menghindari gangguan kesehatan lainnya. (*)

Sumber: halodoc.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!