Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek

BNews—TIPS— Rambut lepek ditandai dengan rambut yang tampak mengilap, berminyak, dan kotor. Rambut lepek bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena keringat berlebih.

Siapa saja bisa mengalami kondisi ini, tetapi orang yang memiliki rambut lurus dan tipis lebih rentan mengalami rambut lepek karena minyak akan melapisi atau lebih mudah menyerap ke batang rambut.

Rambut lepek umumnya terjadi ketika kelenjar minyak di kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih. Penyebab dari kondisi ini sendiri beragam, di antaranya:

1. Keringat berlebih

Orang yang banyak menghabiskan waktunya di luar ruangan lebih rentan mengalami rambut lepek, terutama bila cuaca sedang terik. Hal ini terjadi karena tubuh akan memproduksi lebih banyak keringat sebagai upaya untuk mendinginkan diri.

Keringat yang diproduksi tubuh ini akan membuat minyak di kulit kepala lebih mudah menempel ke rambut sehingga rambut menjadi lepek dan kotor.

2. Terlalu sering keramas

Tubuh akan mengirimkan sinyal ke kulit kepala untuk memproduksi minyak lebih banyak saat Anda keramas terlalu sering. Hal ini mengakibatkan rambut menjadi berminyak dan mudah lepek.

3. Salah pakai produk perawatan rambut

Rambut lepek juga dapat disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat, seperti produk yang mengandung silikon. Silikon memang dapat membuat rambut menjadi halus, tetapi kandungan ini juga akan memberikan efek kilau yang ekstra sehingga menjadikan rambut tampak lebih lepek dan berminyak.

Sama halnya dengan silikon, penggunaan gel rambut yang biasa digunakan untuk menata rambut juga dapat membuat rambut lepek. Pasalnya, gel rambut umumnya berbahan dasar minyak.

4. Sering memegang rambut

Kebiasaan memegang rambut, terutama saat tangan dalam keadaan kotor, bisa membuat rambut lepek. Ini karena minyak atau kotoran yang menempel di jari dan telapak tangan mungkin untuk berpindah ke rambut.

5. Pakai alat styling dengan suhu tinggi

Pemakaian alat styling rambut, seperti hair dryer, catokan, dan pengeriting rambut, bisa membuat rambut menjadi lepek, apalagi jika Anda menyetelnya dalam suhu yang tinggi. Suhu panas yang dihantarkan bisa membuat kulit kepala teriritasi sehingga merangsang produksi minyak berlebih. Dampaknya, rambut menjadi lepek dan berminyak.

6. Pakai topi atau jilbab yang tidak menyerap keringat

Penyebab rambut lepek juga bisa karena pemakaian topi atau jilbab yang tidak menyerap keringat. Topi dan jilbab yang tidak menyerap keringat bisa memerangkap keringat dan kotoran di kepala, yang akhirnya membuat rambut menjadi lepek dan lembap.

Cara Mengatasi Rambut Lepek

Ada banyak macam cara mengatasi rambut lepek di rumah yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah cara mengatasi rambut lepek yang perlu diterapkan secara konsisten atau berkelanjutan agar masalah rambut lepek tak lagi menghampiri:

  • Keramas sehari sekali supaya kotoran, minyak berlebih, dan sisa produk perawatan yang menempel di rambut terangkat.
  • Keramas dengan benar, yaitu tidak menggosok kulit kepala dan rambut secara kencang karena ini justru bisa membuat kulit kepala teriritasi. Efeknya rambut justru semakin berminyak.
  • Oleskan kondisioner pada ujung rambut saja. Mengoleskan kondisioner sampai ke kulit kepala justru bisa membuat rambut rentan untuk lepek.
  • Bersihkan sisir secara rutin supaya kotoran dan minyak yang menempel di sisir bisa terangkat. Dengan demikian, perpindahan kotoran dan minyak dari sisir ke rambut bisa diminimalkan.
  • Pakai jilbab dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Bila perlu, bawalah jilbab cadangan saat Anda sedang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan.

Sumber: alodokter

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: