Longsor di Ngablak Ancam Bangunan SD

BNews—NGABLAK— Karena Curah Hujan tinggi sebuah tebing penyangga SD N Madyogondo Desa Madyogondo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang longsor (14/3). Akibat kejadian ini pondasi bangunan sekolahan tersebut terancam akan ikut terbawa longsor jika terjadi hujan deras kembali.

 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto menerangkan dalam rilsnya bahwa sebenarnya sejak 3 Januari 2017 yang lalu sudah terjadi longsor dan mengancam bangunan gedung sekolah ini.

 

”Dari BPBD Kabupaten Magelang sudah melakukan assessment sejak lama bahwa ini riskan, Namun karena baru ditangani seadanya oleh warga sekitar longsor kembali terjadi kemarin di tebing belakang gedung sekolah dasar di Ngablak tersebut,” katanya.

 

Tebing yang menjadi penyangga pondasi sekolahan ini longsor yang lalu dengan panjang 2,5 meter, lebar 3,5 meter dan ketinggian 4 meter.”Bangunan sekolah ini lokasinya mepet dengan sungai dengan kedalaman sungai dari atas tebing 8 meter,” imbuhnya.

 

Edy menambahkan, bahwa longsor semakin mepet ke pondasi sekolahan jika tidak segera ditangai akan mengancam keberadaan bangunan sekolahan ini.”Untuk sementara telah dilakukan Kerja bakti kembali oleh warga sebanyak kurang lebih 60 orang dengan melakukan pengurugan tebing yang longsor dengan tanah yang dimasukkan ke dalam karung plastik,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: