Mabuk Hemat dengan Tenggak Hand Sanitizer, 3 Tewas 1 Buta Permanen

BNews—NASIONAL— Sebanyak tiga orang tewas dan satu buta permanen usai minum cairan pembersih tangan. Diduga kuat mereka meninggal karena efek racun methanol.

Insiden memilukan tersebut terjadi di Nex Mexico, Amerika Serikat bermula ketika korban ingin mabuk, belum lama ini. Mereka yang diketahui ketergantungan minuman keras itu memanfaatkan kandungan alkohol di dalam hand sanitizer.

”Korban ada tujuh. Mereka mabuk sehabis minum hand sanitizer yang mengandung metanol,” jelas departemen kesehatan setempat.

Detil para korban seperti identitas, serta di mana kejadian itu berlangsung tidak diungkapkan oleh pemerintah negara bagian. Sejak mewabahnya virus corona, cairan pembersih tangan dilarang di sejumlah penjara negara bagian AS, karena dikhawatirkan disalahgunakan oleh narapidana.

Napi tidak saja memanfaatkan cairan tersebut untuk dikonsumsi. Tetapi juga memulai kerusuhan di penjara dengan cara menyalakan api.

”Jika Anda merasa sudah menggunakan atau mengonsumsi cairan pembersih tangan, segeralah mencari pertolongan,” kata Sekretaris Kesehatan New Mexico, Kathy Kunkel.

Dia menerangkan penawar dari racun karena metanol sudah tersedia. Karena itu dia mengimbau agar warga segera berobat agar cepat sembuh. Smenetara penjualan hand sanitizer di seluruh dunia mengalami lonjakan setelah virus corona mewabah pada awal tahun 2020. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: