Marching Band Genderang Jihad Salaman Siap Lakoni Kompetisi Internasional

BNews–MAGELANG– Semenjak diterapkannya belajar dengan sistem daring pada pertengan bulan maret 2020 yang lalu, praktis semua kegiatan belajar mengajar termasuk ekstrakurikuler terhenti. Hal tersebut juga berlaku dengan kegiatan latihan rutin tim Drum Band/Marching Band Genderang Jihad di bawah naungan MI Al Jihad 1 Kebonrejo Salaman.

Namun karena hausnya akan prestasi sekaligus guna menyalurkan kebosanan para anggota MB Genderang Jihad yang terlalu banyaknya waktu di rumah saja, mereka mulai beraksi. Mereka mulai berlatih kembali dengan protokol kesehatan yang ketat.

Perlu diketahui, kelompok tersebut terdaftar dibawah pengawasan Persatuan Drum Band Indonesia – Kabupaten Magelang, Dan dengan berbekal panduan program  latihan klub dari Pengurus Besar PDBI dan panduan latihan cabang olahraga dari KONI Kabupaten Magelang.

Latihan dengan menerapkan prokes yang ketat, antara lain mencuci tangan dan cek suhu tubuh sebelum memasuki ruang latihan. Tetap mengenakan masker selama latihan untuk personel perkusi dan mengenakan face shield untuk personel alat tiup, dan untuk jarak posisi antar personel diatur berjauhan.

Kepala MI Al-Jihad 1 Kebonrejo sekaligus pimpinan klub MB Genderang Jihad, Muh. Hidayat Rofik, S.Pd, mengatakan mempertahankan karakter peserta didik termasuk didalamnya media penyaluran minat dan bakat di masa pandemi tetap harus dilanjutkan atau dilaksanakan.

“Hasil latihan tersebut membuahkan hasil, tercatat dalam kurun waktu  Agustus – Desember. Berbagai prestasi mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, bahkan Nasional berhasil diperoleh pada kejuaraan yang kesemuanya diselenggarakan secara virtual,” katanya.

Ia mengungkapkan juara yang berhasil diraih antara lain Juara 1 Pianika Ensemble kategori usia 7-13 tahun; pada Kejuaraan Virtual Drum Band Magelang 2020. Hal ini diselenggarakan oleh Persatuan Drum Band Indonesia – Kabupaten Magelang.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Lalu Juara 3 Battery Ensemble dan Juara 1 Pianika Ensemble kategori Junior, pada Sumpah Pemuda Virtual Marchingband Competition 2020. Dimana diselenggarakan oleh Asosiasi Pelatih Marching Band Jawa Tengah; didukung oleh Persatuan Drum Band Indonesia Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kepemudaan Olah Raga & Pariwisata Prov. Jawa Tengah,

Terakhir sebagai Runner Up 2 (peringkat 3) Pianika Ensemble kategori Junior, pada Grand Prix Marching Band-Virtual 2020 di bulan Desember 2020. Ajang ini diselenggarakan oleh Yayasan GPMB bekerja sama dengan Winter Guard International, dan didukung oleh Pengurus Besar-Persatuan Drum Band Indonesia.

Marching band Genderang Jihad Magelang
Marching band Genderang Jihad Magelang

Menurut Pelatih MB Genderang Jihad yang juga Pelatih Drum Band Bersertifikasi Nasional dari PDBI, Hendri Cahya Wibowo, bahwa pencapaian ini termasuk sangat luar biasa. Hal ini mengingat GPMB merupakan ajang kejuaraan nasional.

“Hal tersebut yang menjadi impian insan marching band/drum band di Indonesia. Karena juri-jurinya dari luar negeri pada babak final, dengan jumlah hampir 20 tim di kategori junior. Alhamdulillaah, walaupun peringkat 3, kami bisa membawa trophy GPMB ke Magelang untuk pertama kalinya,” katanya.

Pembina MB Genderang Jihad, yang juga merupakan guru MI Al Jihad 1 Kebonrejo, berharap dukungan dari semua pihak. Karena, lanjutnya pada bulan Maret – April 2021 MB Genderang Jihad akan mengikuti kejuaraan virtual tingkat internasional di Malaysia.

“Mohon doa restu, mulai dari proses latihan hingga proses tapping video, semoga hasilnya sesuai harapan. Tetap berprestasi di masa pandemi, pokoknya,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: