Mengenal Misteri Gunung Andong, Mulai Makam Kramat Dan Jembatan Setan

BNews–MAGELANG– Diketahui bersama Gunung Andong yang berada di Desa Nglabak dan Tlogorjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, menjadi destinasi favorit pendaki pemula.

Pasalnya medannya yang mudah dijangkau.  Dan gunung ini tidak terlalu tinggi untuk didaki.

Gunung dengan ketinggian 1.731 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini cukup untuk melihat pemandangan hamparan hijau yang indah.

Istimewanya lagi dapat melihat pemandangan Kabupaten Magelang dari atas ketinggian. Serta beberapa gunung besar yang berada tidak jauh dari Gunung Andong.

Gunung api aktif ini juga memiliki empat puncak, yaitu puncak makam, puncak andong, puncak jiwa dan puncak alap-alap.

Di balik keindahan dan mudahnya jalur pendakian yang ada di gunung ini tersimpan sejumlah misteri yang melekat.

Berdasarkan pantauan kanal Youtube Mimen, Jumat (19/11/2021), terdapat lima misteri yang ada di Gunung Andong.

Lima misteri tersebut Diantaranya;

Asal Usul Nama Gunung Andong .

Banyak orang mengira asal-usul nama Gunung Andong berasal dari bentuk puncaknya yang mirip seperti punggung sapi dan punggung sapi dalam istilah setempat disebut Andong. Namun dari versi mistisnya, Andong adalah nama daun yang sering dipakai oleh warga setempat dalam ritual tradisi Jawa.

Tak jarang juga ritual dilakukan di puncak Andong ini sehingga karena kegiatan ritual inilah, penamaan Andong yang berarti tempat sesembahan dilakukan.

Banyak juga warga yang melakukan semedi atau mencari wangsit di gunung ini sehingga membuat suasana mistis sangat kuat.

Makam Keramat Ki Joko Pekik

Terletak di sebelah barat puncak Gunung Andong, terdapat makam dari tokoh leluhur setempat bernama Ki Joko Pekik yang merupakan penyebar agama Islam di area tersebut.

Dalam waktu-waktu tertentu, makam ini didatangi warga untuk ziarah dan memohon keselamatan dari sang leluhur. Konon, tempat ini juga banyak penunggu gaibnya sehingga warga harus berhati-hati saat memasuki kawasan makam ini.

Watu Pocong

Merupakan salah satu pos pendakian di Gunung Andong. Penamaan pocong konon diambil dari bentuk-bentuk batu yang memanjang mirip dengan pocong, jenazah atau mayat yang dibungkus kain kafan putih. Namun ada juga versi yang mengatakan bahwa di pos watu pocong tersebut sering muncul penampakan hantu pocong. Banyak cerita pendaki Gunung Andong yang mengalami hal mistis tersebut saat melewati pos pendakian ini.

Setan Usil

Banyak juga cerita pendaki Gunung Andong yang diganggu oleh mahkluk gaib dengan dicubit tangan atau kakinya hingga mengalami sakit.

Salah satu cerita pendaki mengatakan bahwa rekannya dicubit oleh mahkluk gaib saat mendaki Gunung Andong hingga menderita sakit dan harus tertinggal dengan rombongan lainnya.

Jembatan Setan

Dinamakan Jembatan Setan karena medan jalannya sangat terjal dan luas medannya selebar 50 cm saja.

Bagian kanan dan kiri adalah jurang sehingga jika pendaki hendak menuju puncak alap-alap harus benar-benar menjaga keseimbangan dan staminanya agar tidak jatuh.

Selain itu, penamaan Jembatan Setan juga mengacu pada banyaknya roh halus yang siap menyerang siapapun yang berniat jahat, seperti merusak tanaman,membuang sampah hingga kencing dan BAB sembarangan. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: