Mengintip Bocoran Materi Tes SKB CPNS 2021

BNews—NASIONAL— Seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS tahap I akan dimulai pada 15 sampai 28 November 2021. SKB CPNS tahap I digelar berdasarkan Surat Plt Kepala BKN bernomor 13515/B-KS.04.01/SD/K/2021.

Jumlah peserta yang akan mengikuti SKB CPNS tahap I adalah 52.300 orang yang dinyatakan lolos SKD dan berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

Berdasarkan PermenPANRB No.27/2021 yang dimaksud SKB adalah seleksi yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang. Berupa pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Sehingga individu mampu menampilkan unjuk kerja yang tinggi dalam suatu Jabatan tertentu. SKB dilakukan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan Jabatan.

Di mana sebagaimana pasal 42 PermenPANRB No.27/2021 SKB untuk Jabatan Fungsional disusun oleh instansi pembina Jabatan Fungsional dan diintegrasikan ke dalam bank soal pada sistem CAT yang diselenggarakan oleh BKN.

Sementara materi SKB untuk Jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan Jabatan Fungsional terkait.

Selain dengan sistem CAT yang diselenggarakan oleh BKN, materi SKB dapat berupa:

  1. psikotest
  2. tes potensi akademik
  3. tes kemampuan bahasa asing
  4. tes kesehatan jiwa;
  5. tes kesegaran jasmani/tes kesamaptaan
  6. tes praktek kerja
  7. uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi
  8. wawancara; dan/atau
  9. tes lain sesuai persyaratan Jabatan

SKB dengan sistem CAT yang diselenggarakan oleh BKN dilaksanakan dalam durasi waktu 90 menit. (*)

Sumber: economy.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: