MISTERIUS…500 Petugas Tidak Temukan Kebakaran di Gunung Merapi

BNews—MUNGKID—Titik api yang muncul di lereng merapi sebelah barat Minggu malam menjadi mesteri. Pasalnya setelah dilakukan penelusuran lapangan dan pemantuan udara serta satelit tidak diketemukan titik panas sumber api tersebut.

Siang tadi (19/8) BPBD Kabupaten Magelang menerjunkan tim gabungan bersama TNI Polri dan sejumlah relawan. Jumlahnya lebih dari lima ratus personel. Mereka sudah melakukan persiapan memadamkan api. Titik api yang ditentukan tadi malam sudah dilingkari.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto mengatakan bahwa pihaknya bersama relawan, TNI, Polri, TNGM, Dinas Kehutanan, Satpol PP dan Masyarakata lereng merapi telah melakukan penyisiran pagi tadi (19/8). “Tadi pada pukul 08.00 wib telah dilaksanakan apel pagi di Jurang Jero Srumbung untuk koordinasi dan persiapan penanganan kebakaran hutan. Selanjutnya pemadaman dibagi menjadi 2 tim untuk 2 titik lokasi yaitu di grid 87 C dan grid 87 D,” katanya.

Dijelaskan untuk selanjutnya pada pukul 08.07 WIB tim gabungan berangkat menuju ke 2 titik lokasi tersebut untuk melakukan pemadaman. Dan pada pukul 09.15 wib tim gabungan sampai di Cawang Kulon untuk selanjutnya menuju ke lokasi titik api/kebakaran di grid 87 C dan grid 87 D dengan ditempuh jalan kaki.

“Pada pukul 10.27 WIB penyisiran yang dilakukan secara manual maupun menggunakan drone tidak ditemukan titik api, pemantauan melalui citra satelit juga tidak menunjukan adanya hotspot, selanjutnya pukul 12.20 wib tim kembali ke pos sementara dan hasil penyisiran titik api atau kebakaran di grid 87 C dan grid 87 D dinyatakan nihil atau tidak terpantau titik api dan asap,” paparnya.

Edi juga menambahkan bahwa pukul 12.55 wib dilakukan koordinasi lanjutan oleh tim gabungan. “Dengan hasil koordinasi yakni didirikan Posko Bersama di Jurang Jero Srumbung mulai tanggal 22 Agustus 2019 mendatang sekaligus dilakukan apel tanggap darurat kebakaran hutan,” pungkasnya.

JELAS : Api terlihat jelas oleh sejumlah warga di lereng Merapi, semalam. (Foto : istimewa)

Sebelumnya diberitakan bahwa terlihat titik api di lereng merapi sisi barat sekitar pukul 18.45 wib. Banyak masyarakat melaporkan melihat kejadian tersebut, dan Minggu malam BPBD Kabupaten Magelang juga mengupdate titik api berada di area Petak 36 (Jurang jero), Dusun Soko, Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung.

BPBD langsung melakukan pengecekan. Malam hari kemarin, BPBD sudah menetapkan titik api ada di sekitar Petak 36 tersebut. (bsn/bn1)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: