Nilai Semester Sekolah di Magelang Jadi Penentu Kelulusan Siswa

BNews—MUNGKID— Pemerintah resmi meniadakan Ujian Nasional (Unas) 2020 di semua jenjang pendidikan. Baik tingkat SD/ SMP/ SMA/ SMK sederajat. Sebagai gantinya, sekolah mengganti kelulusan siswa menggunakan nilai semester. Sedang portofolio nilai rapor dan prestasi dipakai untuk nilai ukur kenaikan kelas siswa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Azis Amin Mujahidin menyampaikan, keputusan tersebut diatur dalam Surat Edaran Nomor 440.1/11.310/04.la/2020. Isinya tentang Layanan Penyelenggaraan Pendidikan dalam rangka Pencegahan, Penularan dan Penyebaran Infeksi Covid-19, tertanggal 26 Maret 2020.

”Secara umum, untuk Ujian Nasional disemua jenjang pendidikan tahun 2020 dibatalkan,” terang Azis, Rabu (1/4).

Azis menyampaikan, untuk kelulusan jenjang kesetaraan, kriterianya akan ditentukan kemudian. Sedang di tingkat SMP, kriteria kelulusan melihat nilai selama lima semester sebelumnya.

”Dan nilai semester sembilan sebagai tambahan,” kata dia.

Jelas dia, proses pengalihan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara mandiri di rumah disemua tingkatan jenjang pendidikan diperpanjang hingga 11 April 2020. Baik untuk jenjang TK hingga SMA/ sederajat di Kabupaten Magelang.

”Surat Edaran Disdikbud tertanggal 16 Maret 2020 tentang KBM mandiri semula berlaku hingga 29 Maret, kemarin. Dan mencermati kecenderungan penularan dan penyebaran covid-19 yang semakin meluas, diperpanjang hingga 11 April mendatang,” tegasnya.

”Selanjutnya, proses pengalihan KBM mandiri di rumah, akan kami evaluasi melihat perkembangan dan situasi covid-19 terakhir,” imbuh Aziz.

Selain Unas, Ujian Sekolah juga batal dilaksanakan. Sehingga untuk kenaikan kelas akan diganti dengan bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya. Juga didasarkan pada penugasan, tes daring dan atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

”Kriteria ini dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh,” tutup Aziz. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: