Pakai Rompi Oranye dan Borgol, Pentolan FPI Habib Rizieq Resmi Ditahan

BNews—NASIONAL— Polda Metro Jaya akhirnya menahan Pentolan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab. Rizieq sebelumnya telah diperiksa kurang lebih 13 jam karena disangka melanggar protokol kesehatan covid-19. 

Rizieq keluar dari pemeriksaan sekitar pukul 00.23WIB. Ia terlihat memakai rompi tahanan dan tangan diborgol. 

Sebelumnya, Rizieq telah datang ke Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12) sekitar pukul 10.30WIB. Ia datang sehari setelah polisi menetapkan statusnya sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan pada Jumat kemarin. 

Rizieq datang bersama dengan Jubir FPI Munarman dan para kuasa hukumnya. Selama pemeriksaan, para kuasa hukum ini juga mendampingi Rizieq.  

Sementara itu, Polisi juga telah melakukan tes swab antigen terhadap Rizieq. Hasil pemeriksaan negatif.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan pihaknya sudah menangkap Rizieq Shihab.  Ia menyatakan surat penangkapan dari penyidik sudah diterima langsung oleh Rizieq Shihab saat menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, kemarin. 

”Sudah diberikan (surat penangkapan). Resmi (ditangkap),” kata Yusri, Sabtu (12/12).

”Kan, kewenangan dari penyidik melihat nanti alasan objektif dan subjektif kita punya waktu 1×24 jam. Nah, nanti baru bisa ditentukan apakah ditahan,” ungkap dia.

Dalam kasus kerumunan di Petamburan, Rizieq dijerat dengan Pasal 160 KUHP dan Pasal 216 KUHP. Pasal 160 KUHP dikenal dengan pasal tindak pidana penghasutan dengan ancaman penjara paling lama enam tahun. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: