Pemdes Dukun Salurkan Bantuan kepada 840 KK

BNews–DUKUN– Ratusan kepala keluarga di Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang menerima bantuan beras yang disalurkan Pemerintah Desa (5/5/2020). Hal itu merupakan salah satu program bantuan Pemdes Dukun untuk warganya yang terdampak wabah virus corona.

Kepala Desa Dukun, Tanto Heryanto mengatakan total sebanyak 2,1 Ton Beras kita bagikan ke 840 KK se Desa Dukun. “Itu sudah hampir separuh dari 1728 total Kepala Keluarga di Desa Dukun. Kita fokus ke yang terdampak dan masyarakat kurang mampu,” katanya.

Sementara bagi KK yang tidak dapat masuk katagori yakni Masyarakat sejahtera. PNS, TNI, Polri, dan Perangkat Desa. “Kami juga berikan paket sembako beras dan mie instan kepada rombongan pegawai Pasar Malam yang ada di Lapangan Desa Dukun. Mereka sudah sebulan lebih terjebak tidak bisa beroperasi,” imbuhnya.

Terkait sumber beras tersebut, Tanto menyebutkan berasal dari berbagai sumber. “Sumber pertama dari jimpitan beras yang di kumpulkan oleh PKK Desa Dukun. Dimana mereka mengumpulkannya pada tangal 7 setiap bulanya menjadi tabungan sosial,” ujarnya.

Kemudian kedua, lanjutnya dari Dana Sosial BKAD serta ketiga dari pihak luar antara lain seperti Sujadi salah satu anggota DPR RI. “Ia secara pribadi membantu untuk menambah jumlah beras yang akan di bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Tanto.

Perlu diketahui, untuk KK yang mendapatkan bantuan ini ditentukan oleh masyarakat sendiri. “Jadi sistemnya menggunakan poling masyarakat secara partisipatif. Masyarakat ini memilhi beberapa nama tetangganya yang kiranya berhak menerima bantuan, termasuk mereka sendiri jika merasa kurang mampu. Selanjutnya diklasifikasi rangkeng oleh Kadus mereka,” paparnya.

“Semoga bermanfaat meminimalis kebutuhan sehari hari warga Desa Dukun yang kurang mampu,” tandasnya.

Sementara salah satu Kepala Dusun di Desa Dukun, Sumatri mengaku terbantu sekali warganya dengan adanya bantuan tersebut. “Meskipun dibilang tidak seberapa namun sangat bermanfaat sekali di masa-masa seperti ini. Semoga bermanfaat semua dan wabah lekas selesai,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: