Penerima Vaksinasi Covid Tahap 1 di Kabupaten Magelang Tembus 2000 Orang

BNews—MAGELANG— Program vaksinasi virus corona di Kabupaten Magelang dimulai sejak 25 Januari 2021. Dengan sasaran pertama yang mendapat suntikan vaksin Sinovac tersebut adalah sumber daya manusia (SDM) kesehatan.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo mengungkapkan, jumlah yang sudah mendapat vaksinasi tahap pertama sebanyak 2145 orang hingga Kamis (4/2/2021).

”Kami masih melanjutkan vaksinasi bagi sasaran yang tertunda. Ada beberapa alasan kenapa tertunda, seperti ketika tahap screening, yang bersangkutan sedang batuk pilek. Selain itu hipertensi, kolesterol, kadar gula darah, demam hiperteroid dan gangguan pencernaan,” ungkapnya, saat konferensi pers Penanganan Covid-19 di Setda Kabupaten Magelang, Jumat (5/2/2021).

Ketika sasaran tunda melakukan registrasi ulang, kata Dwi, kemudian dilakukan screening dan kondisinya sudah layak disuntik vaksin maka bisa memperoleh vaksinasi.

”Ketika di cek ternyata tekanan darahnya sudah di bawah 140/90 itu artinya yang bersangkutan dari tunda, sudah boleh disuntik vaksin. Kemudian yang batuk, pilek dan demam ternyata sudah sembuh, ya bisa disuntik,” ujar dia.

Sementara itu, ada beberapa sasaran yang tidak bisa mendapat vaksinasi. Hal itu disebabkan yang bersangkutan adalah eksklusi, seperti penyintas, gangguan pernafasan, gangguan pencernaan, autoimun, kanker, hamil, program hamil dan meyusui.

Lebih lanjut, Dwi menyampaikan bahwa rencananya vaksinasi kedua pada tahap pertama di Kabupaten Magelang akan dilaksanakan pada Senin (8/2/2021).

Tambah dia, vaksinasi ini salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. ”kita harapkan, apalagi sebagai pelayan publik, diharapkan bisa mendukung program pemerintah ini,” paparnya.

”Tidak usah takut karena dari segi keamanan, efikasi dan efektivitasnya itu sudah dijamin oleh lembaga resmi. Melalui Badan POM dan kehalalan dari MUI. Fase untuk mendapatkan ijin itu melalui proses yang panjang, ada beberapa kali pengecekan,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: