Dear Caleg….Jumlah Pemilih di Kabupaten Magelang Capai 988 Ribu

BNews–MUNGKID – Rapat Pleno Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP 2) digelar oleh KPU Kabupaten Magelang (11/12). Sebanyak 988.879 data pemilih di Kabupaten Magelang ditetapkan.

Total DPT-HP ke-2 tersebut dengan rincian 492.312 pemilih laki-laki dan 496.567 untuk jumlah pemilih perempuan. Tersebar di 21 Kecamatan, 372 desa dan 4331 TPS.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffudin, mengatakan, pleno ini sempat mundur dari jadwal yang seharusnya karena terdapat kendala dalam proses sinkronisasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih).

“Penetapan bisa dilaksanakan jika data di Sidalih sudah singkron, oleh sebab itu kami menunggunya hingga singkron secara online,” katanya.

Akhirnya pada Selasa (11/12) sekitar pukul 12.00 WIB semua kecamatan 100% dapat sinkron melalui Sidalih. “Harapannya kedepan sistem Sidalih dapat ditingkatkan untuk mengurangi kendala saat mengunggah data secara on line,” imbuhnya.

Sementara itu Bawaslu Kabupaten Magelang, melalui salah satu anggota komisionernya, Aini Sumarni Chabibah, mengatakan, pihaknya terus mendorong KPU agar dapat melakukan sinkronisasi Sidalih secara on line. “Sesuai dengan amanat undang-undang harus memanfaatkan teknologi informasi dalam hal ini adalah Sidalih, jadi pengunggahan data harus dilakukan secara on line atau Sidalih murni,” katanya.

“Dalam Surat Edaran KPU RI, penetapan paling lambat tanggal 10 Desember, namun semalam sebelumnya data belum terungkap semua melalui Sidalih, maka penetapan DPTHP 2 tertunda,” imbuhnya.

Karena tertunda, pihak Bawaslu Kabupaten Magelang meminta tertundanya penetapan Pleno tersebut dimasukkan dalam berita acara. “Kami meminta dimasukan dalam berita acara karena seharusnya penetapan dilakukan pada tanggal 10 Desember, meskipun terlambat masih diperbolehkan sebelum pleno tingkat provinsi tanggal 12 Desember 2018,” pungkasnya. (bsn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: