Pengawasan DPHP, Jajaran Bawaslu Kabupaten Magelang Temukan 5330 TMS

BNews–MAGELANG-– Sebanyak 5.330 potensi Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) ditemukan oleh Bawaslu Kabupaten Magelang. Temuan tersebut selama pengawasan penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP).

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Magelang Sumarni Aini Chabibah; mengatakan bahwa DPHP ini merupakan daftar pemilih hasil pemutakhiran oleh pantarlih.

“Secara global, jajaran kami menemukan 5.330 temuan data potensi pemilih TMS. Dari temuan ini pengawas pemilu mengirimkan saran perbaikan (sarper) ke jajaran KPU sesuai tingkatan,” katanya.

Menurut Aini, mulai tahapan penyusunan DPHP hingga DPS jajaran Bawaslu Kabupaten Magelang telah; berkirim surat imbauan dan saran perbaikan sejumlah 50 surat. Imbauan dan sarper dari Bawaslu Kabupaten Magelang ini telah ditindaklanjuti oleh jajaran KPU sesuai tingkatan.

Aini menjelaskan KPU Kabupaten Magelang kemudian menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2024 sejumlah 1.011.221 pemilih. Dimana yang tersebar di 21 kecamatan dan 4.407 TPS. DPS ditetapkan sesuai tahapan yakni pada tanggal 5 April 2023 di Hotel Artos Magelang.

Disebutkan tahapan penetapan DPS merupakan rangkain panjang dari tahapan pemutahiran daftar pemilih.

Pertama, diawali dengan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh pantarlih sekitar satu bulan penuh; pada pertengahan Februari hingga pertengahan Maret dilanjutkan penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) oleh PPS; lalu rekapitulasi DPHP di tingkat desa, tingkat kecamatan dan ditetapkan menjdi DPS di tingkat Kabupaten.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Aini menerangkan, berapapun data temuan jajaran Bawaslu harus ditindaklanjuti oleh KPU dan jajarannya; sebagaimana termaktub dalam PKPU nomor 7 tahun 2022 dan perubahannya PKPU nomor 7 tahun 2023.

Jajaran KPU, lanjutnya sudah bekerja profesional sesuai ketentuan, hal itu ditunjukan dengan tindak lanjut yang telah dilakukan atas saran masukan dari jajaran Bawaslu.

Imbauan dan saran perbaikan yang ditujukan kepada jajaran KPU Kabupaten Magelang merupakan upaya Bawaslu; dalam melakukan pencegahan pelanggaran pada tahap pemutakhiran daftar pemilih sejak dini. Hal itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan data pemilih yang komprehensif, akurat, dan mutakhir.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang Muhammad Habib Shaleh menambahkan, sukses Pemilu 2024 diawali; dengan kesuksesan penyusunan daftar pemilih. Semakin bersih, akurat dan mutakhir daftar pemilih maka peluang pihak yang kalah untuk mempersoalkan hasil pemilu akan semakin terbatas.

Habib menjelaskan jajaran Bawaslu Kabupaten Magelang mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa; turut serta mengawasi dengan ketat dan melekat pemutakhirab daftar pemilih.

“Mulai dari coklit, penyusunan DPHP hingga ditetapkan menjadi DPS kami awasi melekat. Wujud sinergi Bawaslu dengan KPU; adalah memberikan masukan dan perbaikan terhadap tata cara dan prosedur pemutakhiran daftar pemilih,” kata dia.

Menurut Habib Bawaslu selalu menyampaikan data temuan di lapangan untuk menyempurnakan dafta pemilih sehingga data pemilih yang ditetapkan tidak melanggar prinsip data yakni valid, akurat dan mutakhir.

“Setelah DPS ini kami akan mempersiapkan strategi pengawasan menuju Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) karena itu berbagai temuan dan masalah yang muncul kami segerakan saran perbaikan ke jajaran KPU agar DPSHP lebih akurat,” paparnya.

Habib menegaskan bahwa pengawasan melekat dan saran perbaikan Bawaslu dilakukan dengan baik dan tujuan mulia. Yakni bersama-sama mensukseskan Pemilu 2024.

“Oleh karen itu, kami mengajak masyarakat, termasuk ormas dan partai politik turut terlibat aktif mengawasi pemutakhiran daftar pemilih. Kesuksesan pemilu tidak hanya tanggup jawab Bawaslu dan KPU namun juga parpol dan masyarakat,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!