PENTING !!! Pahami Etika Membangunkan Sahur Menggunakan Towa Masjid

BNews–NASIONAL– Netizen sempat dihebohkan dengan artis cantik Zaskia Adya Mecca mempertanyakan etika membangunkan sahur. Dimana Ia menyebutkan dengan cara berteriak menggunakan toa masjid.

Kementerian Agama akhirnya angkat bicara. Kemenag menegaskan bahwa sejak tahun 1978 sudah ada aturan mengenai penggunaan pengeras suara di Masjid, langgar, dan Musala.

“Takmir masjid juga harus tegas mengatur penggunaan alat pengeras suara atau Toa masjid, misalnya untuk membangunkan sahur pada pukul 02.30 – 03.00 dan 03.30, durasi penggunaannya cukup satu menit, dengan suara yang baik dan cara yang baik,” ujar Pelaksana Subdirektorat Kemasjidan Kemenag, Fakhry Affan dalam keterangannya, Sabtu (24/4/2021).

Fakhry menegaskan penggunaan toa masjid harus memperhatikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin di tengah kompleksitas masyarakat Indonesia yang plural.

Senada dengan hal itu, Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Moh. Agus Salim, mengatakan, membangunkan sahur memang sudah tradisi di Indonesia.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Namun, hendaknya dilakukan dengan cara sopan, santun, baik, dan menjaga nilai-nilai keluhuran agama. Sehingga, kualitas kebaikan dan keberkahan sahur terjaga.

Membangunkan sahur jangan sampai mengganggu hak orang lain, misalnya warga yang sakit, punya anak kecil, dan warga nonmuslim.

Habib Abubakar Assegaf juga setuju dengan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa kegiatan ibadah akan menjadi haram kalau malah mengganggu orang lain.

“Kegiatan ibadah tidak boleh/haram jika mengganggu aktifitas org lain, mungkin ada yang sakit atau bayi yang lagi tidur, ibu-ibu yang istirahat untuk mempersiapkan sahur,” cuit Habib Abubakar Assegaf di Twitter.

Menurutnya, penggunaan toa masjid sebaiknya dibatasi, misalnya setelah tarawih cukup memakai speaker dalam dengan suara yang dipelankan agar mengganggu sekitar masjid.

“Seperti dalam riwayat hadits yang menjelaskan Nabi SAW pernah mempersingkat sholatnya karena mendengar suara tangisan bayi,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: