Percepat Program Vaksinasi Covid-19, RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang Buka Layanan Drive Thru

BNews—MAGELANG— RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang menggelar program vaksinasi bagi 1.250 keluarga pegawai dan masyarakat umum. Pelaksanaan vaksinasi ini secara drive thru di rumah sakit jiwa tersebut, selama lima hari.

Diketahui bahwa vaksinasi drive thru tersebut bertajuk ‘Soerojo Saomah’. ”Konsepnya, kita mempercepat vaksinasi itu supaya orang-orang dalam satu rumah bisa divaksin semua,” kata Direktur Utama RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, dr. Rukmono Siswishanto, di sela-sela pelaksanaan vaksinasi drive thru, Rabu (4/8/2021).

Untuk observasi setelah menjalani proses vaksinasi, lanjut dia, pihaknya sudah menyediakan tempat khusus. Warga yang sudah mendapat vaksin langsung diarahkan ke lokasi observasi dan menunggu sekitar 30 menit setelah disuntik.

Lebih lanjut, dokter Rukmono menjelaskan bahwa dalam vaksinasi drive thru ini ada 1.250 dosis dan dibagi selama lima hari. Jadi per hari ada 250 dosis vaksin yang siap diberikan.

”Kita sebenarnya mendapat sekitar 5000 vaksin. Kemudian untuk vaksinasi, kita lakukan tiga cara yakni mendatangi kelompok masyarakat di daerah Boja, Kendal, kemudian vaksinasi di RSJ ini dan drive thru,” jelasnya.

Dokter Rukmono menyebut bahwa antusias warga untuk mendapatkan vaksin cukup tinggi. Terbukti dari pendaftaran online yang dibuka RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang cukup banyak yang mendaftar.

”Kemarin cepat sekali, dibuka sekitar satu jam itu sudah mau habis kuotanya. Antusias (warga) tinggi dan yang menarik, bukan hanya warga wilayah Magelang tapi ada juga dari luar (wilayah),” ujarnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Wali Kota Magelang, dr. Muchammad Nur Aziz pun mengapresiasi kepada RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang yang melaksanakan vaksinasi secara drive thru.

”Kami apresiasi inovasi untuk mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat ini. Patut diacungi jempol. Pertama kali di Kota Magelang (vaksinasi secara drive thru),” kata dia.

Dia menyebut, dengan semakin banyak pemberian vaksin kepada masyakat maka semakin cepat herd immunity dicapai. Sementara terkait capaian vaksinasi di Kota Magelang, kata dokter Aziz, hingga kini sudah mencapai 65 persen.

”Sekarang 65 persen. Untuk kekurangannya, masih terus dilakukan. Kita sedang mengejar yang lansia dan dewasa,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: