Permudah Penanganan, Aplikasi Janoko Pengungsi Magelang Disiapkan Pemkab

BNews—MAGELANG—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang memanfaatkan teknologi untuk membuat aplikasi terkait pengungsi Gunung Merapi. Aplikasi itu berisi tentang berbagai informasi yang bersangkutan dengan warga Kabupaten Magelang yang pengungsi.

Aplikasi itu memuat berbagai informasi seperti data jumlah penduduk KRB, jumlah pengungsi, jumlah TEA, pendataan ternak dan titik kumpul ternak. Ada pula informasi lokasi TEA dan non TEA, alamat mapsnya dan pengungsi yang menempatinya serta jumlah pengungsi laki-laki maupun perempuan.

Kemudian jumlah pengungsi yang hamil, sakit/rentan, difabel, menyusui, balita,lansia dan anak-anak. Dalam aplikasi itu, juga bisa mencari sebaran pengungsi dalam kolom pencarian dengan memasukkan NIK, no KK ataupun nama pengungsi.

Aplikasi itu dapat diakses di Sistem Informasi Data Pengungsi Merapi di https : //pengungsi.magelangkab.go.id/ atau https : //jannokopengungsi.magelangkab.go.id/.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, dengan aplikasi tersebut dapat semakin memudahkan khususnya dalam penanganan pengungsi Merapi.

”Ini arahan dari Pak Bupati, Zaenal Arifin, untuk memudahkan penanganan pengungsi Merapi. Jadi siapapun bisa melihat data pengungsi,” kata dia. Jumat (20/11/2020) sore.

Sebelumnya, Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan aplikasi terkait pengungsi, mulai dari jumlah pengungsi hingga daftar sumbangan.

Loading...

”Nama sementara, Janoko Pengungsi Magelang, nanti akan kita lounching,” kata dia kepada awak media, saat menerima kunjungan Kepala BNPB Doni Monardo di lokasi pengungsian Deyangan, Mertoyudan, Jumat (20/11/2020) siang.

Zaenal menilai, dengan adanya aplikasi tersebut dapat memudahkan semua pihak dan pemerintah dalam menginvetarisir kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan. Dia menyebut, aplikasi tersebut dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang.

”Semuanya bisa membuka itu lewat internet. Datanya siapa saja bisa membuka, kekuatanya apa saja, logistiknya juga,” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: