Pertama Kali Di Magelang “Madhang Keceh” Di Kedai Kaliwot

BNews–MAGELANG– Sebuah konsep baru hadir di sebuah kedai di lereng gunung sumbing Kabupaten Magelang. Dimana sebuah keda yang menyuguhkan wisata alam dan konsep keceh di sebuah saluran irigasi.

Namanya Kedai Kaliwot yang berada di Dusun Sambak Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Lokasi ini baru buka sejak awal Maret 2021 kemari dan sudah ramai dikunjungi setiap harinya.

Pengunjung yang datang bisa menikmati kuliner sederhana pedesaan.Dan uniknya atau konsep baru pertama kali di Magelang adalah lokasi makan di sebuah meja dan bangku yang berada di aliran sungai kecil yang biasa dijadikan irigasi warga.

Dengan tagline “Madhang Keceh” (Makan Sambil Bermain Air) dan “Ngadem Neng Kali” (Mendinginkan Di Sungai) menjadi konsep baru di Magelang. Dan kedai dengan konsep ini baru pertama kali di Magelang.

Pemilik lokasi tersebut, Amron Muhzawawi, 35 , mengatakan bahwa ide konsep ini muncul ketika dia tidak ada pekerjaan tetap dan sering memberi makan ikan di kolam. Selain itu, Ia juga banyak  mendapat referensi dari luar negeri yang didapatkan dari internet.

“Dulu sini cuman ada kolam ikan kecil dan sebuah kebun kurang terawat. Awal Januari 2021 saya mendapat ide ini dan mencari referensi di internet, lalu saya terapkan disini,” katanya saat diwawancarai Borobudurnews.com (15/3/2021).

Amron menyebutkan bahwa proses penggarapannya sekitar 1,5 bulan. Dan saat ini masih proses pengembangan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Kali ini baru ada 20 set tempat duduk ya cukuplah untuk 80 orang bersamaan. Lalu dua kedai makanan berat dan snack minuman. Lalu ada off road VTS dan mini motor cros dengan medan berlumpur,” imbuhnya.

Dilokasi tersebut untuk sewa VTS dan mini motor cors cuman cukup membayak Rp 10.000 untuk lima kali putaran area sepanjang kurang lebih 300 meter. Lalu ada sewa ban untuk tubing di aliran sungai Rp 5.000 selama 30 menit.

Tampak Udara Kedai Kaliwot
Tampak Udara Kedai Kaliwot

“Aliran sungai aman karena cuman selokan kecil. Dan dalamnya cuman selutut anak kecil, cuman saat hujan bisa meninggi dan saat hujan juga kami tidak buka spot di aliran sungai,” ujarnya.

Amron menceritakan dulunya aliran sungai ini bisa dikatakan membuat gatal airnya karena banyak limbah pabrik tahu yang kebuang dialiran. Namun setelah limbah tahu dimanfaatkan warga untuk bio gas, saat ini sudah tidak ada limbah lagi dan aman.

“Air cukup aman dan bersih. Sudah kita pasang penyaring di bagian atasnya sehingga sampah maupun limbah lainnya tidak bisa melintas,” tegasnya.

Soal menu andalan, lanjutnya bahwa Kedai Kaliwot ada special gurami asam manis, bakar dan goreng. Ada juga nila, ayam dan aneka sayur.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Untuk snack khas singkong goreng original dan keju susu. Minuman khas jelas air badhek/lira matang asli dari pohon kelapa di lokasi tersebut.

“Untuk harga kita sangat terjangku, paling mahal gurame ukuran sedang cuman Rp 25 ribu, lainnya Rp 15 ribu. Sayuran. Snack dan minuman kisaran Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu,” paparnya.

Bisa sewa VTS juga di Kedai Kaliwot
Bisa sewa VTS juga di Kedai Kaliwot

Selama seminggu buka, kata Amron sudah banyak pengunjung lokal Magelang dan tetangga seperti Wonosobo dan Jogja.

“Ya kebanyakan penasaran dan ingin mencoba, dan Alhamdulilla mereka nyaman. Dan itu ada juga dari Bandung yang sedang berlibur ke Magelang mampir kesini, meskpin lokasi di belakang kampung dan harus parkir di pinggir jalan atas tidak jadi kendala,” terangnya.

Terkait Omset pendapatan, Amron mengaku perhari bisa mencapai antara Rp 1,5 juta sampai Rp 3,5 juta.

“Angka itu ya sudah cukup bagus untuk tempat baru dengan 7 orang pegawai disini,” tegasnya.

Amron kedepan masih berencana mengembangkan lagi lokasi tersebut dibeberapa are kebun disekitarnya.

“Kebetulan tanah kebun masih milik  keluarga dan warga yang bisa disewa. Kedepan akan buka area parkir sepeda motor, home stay, camping, mushola dan aula pertempuan,” harapnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: