Planet Mirip Bumi Ditemukan, Ukuran dan Temperatur Dukung Kehidupan Manusia

BNews—NASIONAL— Sebuah planet mirip Bumi ditemukan para peneliti dari Badan dan Penerbangan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Ukuran dan temperatur exoplanet dengan kode Kepler-1649c ini diklaim mirip seperti Bumi sebagai tempat tinggal manusia.

Ilmuwan menganalisi data dari wahana pencari planet baru milik NASA, Kepler, menghitung secara matematis. Exoplanet tersebut lokasinya berada 300 tahun cahaya dari Bumi.

Kepler-1649c berukuran 1,06 kali lebih besar dari Bumi. Dan menerima sekitar 75 persen cahaya yang didapat Bumi dari Matahari. Data ini yang kemudian diklaim oleh para ilmuwan jika temperatur permukaan ekoplanet bisa jadi mirip seperti Bumi.

Lokasi exoplanet ini juga berada di lokasi yang tepat dengan bintangnya. Dengan jarak yang sesuai untuk air bisa muncul di permukaannya.

”Ini juga menandakan bahwa Kepler-1649c bisa mendukung kehidupan,” kata Associate Administrator Science Mission Directorate NASA Thomas Zurbuchen.

Kepler-1649c mengelilingi bintang katai merah yang jauh lebih kecil dan lebih dingin dibanding Matahari. Jarak dengan bintang juga jauh lebih dekat dibanding jarak Bumi ke Matahari.

Baca juga: Prihatin Warga Masih Nongkrong Larut Malam, Ganjar Dorong Kemungkinan PSBB

Exoplanet tersebut hanya memerlukan 19,5 hari untuk mengorbit bintangnya. Artinya, Kepler-1649c bisa saja dihujani pancaran radiasi dari lingkungannya dan mengancam potensi kehidupan di permukaannya.

”Tapi saat ini belum ditemukan adanya pancaran tersebut,” ungkap Thomas.

Dunia yang menarik dan jauh ini memberi manusia harapan yang lebih besar bahwa Bumi kedua berada diantara bintang-bintang. Data yang dikumpulkan oleh misi seperti Kepler dan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) akan terus menghasilkan penemuan yang luar biasa. Karena komunitas sains memperbaiki kemampuannya untuk mencari planet menjanjukan dari tahun ke tahun.

Selain temuan tersebut , ilmuwan tidak banyak mengetahui soal Kepler-1649c atau atmosfernya yang bisa mengubah perkiraan tentang atmosfernya. ”Tapi mereka tahu bahwa ada planet kedua dalam sistem ini yang jaraknya lebih dekat lagi dengan bintangnya,” papar dia.

Diketahui, Exoplanet tersebut menambah panjang daftar planet yang memiliki ukuran mirip dengan Bumi. Seperti TRAPPIST-1f yang berjarak 39 tahun cahaya dari Bumi. Serta TRAPPIST-1D dan TOI 700d yang temperaturnya dinilai sama dengan Kepler 1649-c. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: