PPMT Unimma Kembangkan Pendidikan di TPQ As Shohabah Dukun


BNews—DUKUN— Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) terus menyasar semua lapisan masyarakat. Termasuk di lereng Gunung Merapi.


Salah satunya program terpadu ini menyasar TPQ As-Shohabah dusun Tanen, Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Para mahasiswa dan dosen melakukan kegiatan bertema “Pengembangan Pendidikan Keagamaan TPQ As-Shohabah Dukun”.

Program PPMT tersebut diketuai dan dibimbing oleh Dr Imron, MA. Dengan anggota Lima Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Mereka diantaranya adalah Dinny Aniza Mahfiroh, Uswatun Khasanah, Dina Pita Dewi. Kemudian Hana Safitriani dan Maulana Muhammad Helmy.

Menurut Dr. Imron, PPMT di TPQ As-Shohabah Dukun berorientasi pada pengembangan pendidikan keagamaan. Dimana bertujuan untuk memberikan metode pembelajaran baru kepada peserta didik supaya materi bisa lebih mudah diterima dan diamalkan.


Materi yang disampaikan selama PPMT terdiri dari pengetahuan mengenai tanda baca dengan metode iqra’, pembelajaran Al Qur’an dan sholat wajib. Kemudian, mengetahui rukun islam dan rukun iman.

Pendampingan hafalan juz amma dan do’a sehari-hari. Pada kesempatan itu juga dilakukan tadabur alam dan juga kegiatan bersih lingkungan disekitar masjid dan lain-lain.


Ketua TPQ Sutarji mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan Mahasiswa UNIMMA sangat bermanfaat bagi peserta didik sekaligus membantu pengasuh TPQ dalam mendampingi kegiatan TPQ sehari-hari.

Terakhir Sutarji berharap kedepan ada program lanjutan. (adv/wan)

 

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!