Proses Vaksinasi Tahap Kedua Di Kabupaten Magelang Dimulai, Ini Sasarannya

BNEWS–MUNGKID– Proses vaksinasi covid-19 tahap kedua di Kabupaten Magelang sudah dimulai hari ini (23/2/2021). Dengan sasaran para pegawai di lingkungan Pemkab Magelang.

Untuk jadwal pertama ini, vaksinasi diikuti oleh pegawai dari 8 Kantor Instansi di lingkungan Pemkab Magelang. Dimana proses Vaksinasi dilakukan di GOR Gemilang Komplek Kantong Sekda Magelang.

Hari pertama ini, sesuai jadwal yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang total sebanyak 214 pegawai akan divaksinasi. Dengan Total tahap kedua ini sebanyak 1184 orang terdaftar akan divaksinasi sesuai jadwal hinggal tanggal 2 Maret 2021.

“Untuk lokasi vaksinasi kebanyakan di GOR Gemilang. Dan lainnya akan di  Puskesmas Kota Mungkid, Puskesmas Wilayah, dan Puskesmas Borobudur,” kata Kasi Survelen dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo.

Untuk yang pertama pada tahap kedua vaksinasi mereka dari BKPPD Kabupaten Magelang 48 orang, BAPPEDA dan LITBANGDA  40 orang;  Bagian Pemerintah SETDA  11 orang, BAGIAN KESRA SETDA 19 orang; DPRKP  32 orang; Bagian Perekonomian SETDA  7 orang; DISPERMADES  48 orang;  Bagian Organisasi SETDA  9 orang.

DPD PKS Magelang Ramadhan

“Untuk jadwal Dinas dan instansi lainnya sesuai yang tertera di jadwal dalam surat edaran terbaru,” imbuhnya.

Untuk tahapan setiap vaksinasi, orang yang datang akan antri untuk dilakukan regristasi terlebih dahulu, kemudian screning kesehatan, baru dilakukan suntik vaksinasi. Setelah suntik, orang tersebut diminta menunggu sekitar 30 menit untuk melihat perkembangan ada gejalan atau tidak.

“Biasanya kalau memang ada gejala cuman ringan saja, seperti panas ataupun detak jantung meningkat, namun itu jarang. Dan bila tidak ada gelaja setelah 30 menit maka boleh meninggalkan tempat,” paparnya.

Perlu diketahui, proses suntik vaksinasi setiap orang dilakukan sebanyak dua kali. “Nah ini kan suntik pertama kali, nanti akan mendapat suntik vaksinasi kedua setelah 14 hari dari yang pertama, tidak boleh kurang,” tegasnya.

Dwi juga menyampaikannya bahwa pihak Dinkes Kabupaten Magelang untuk tahap dua ini baru menerima 1200 vaksin sinofac. Dengan total dosis 12000.

Bagi calon penerima  vaksinasi, lanjutnya jika berhalangan karena sakit  maka akan diatur ulang. “Nanti akan ada pengaturan jadwal kembali jika yang bersangkutan sudah sembuh,” tandasnya.

Sementara salah satu pegawai BKPPD Kabupaten Magelang, Joko Nuryanto mengungkapkan tidak ada gejala apa-apa setelah disuntik vaksin Covid-19.

“Ya awalnya sempat degdegan karena mau disuntik. Tetapi setelah screaning kesehatan lolos baru disuntik rasanya lega,” katanya.

Setelah disuntik, Joko diminta duduk di lokasi selama 30 menit. “Ya pasca disuntik kita menunggu 30 menit untuk melihat gejala. Dan Alhamdulillah tidak ada gejala apa-apa, semua normal,” ujarnya.

Ditanya terkait kesiapan untuk vaksinasi kedua pada 14 hari kedepan, Ia menyatakan kesiapannya.

“Saya tetap siap, karena pemerintah sudah pasti memperkirakan dan meperhitungkan proses ini. Dan tentunya ini demi kebaikan bersama,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: