Harlah Komunitas BERKAT, Penghijauan Digelar di Ponpes An Nawawi  Berjan Purworejo

BNews–PURWORJEO– Peringati hari lahir komunitas BERKAT ( Barisan Rakyat Kelingan Akhirat) ke- 23, kegiatan sosial digelar (3/3/2022). Dimana kegiatan itu dilaksanakan oleh alumni dan santri pondok pesantren An Nawawi  Berjan Purworejo bersama RPLH ( Relawan Peduli Lingkungan Hidup ).

Mereka menggelar kegiatan gerakan menanam bibit buah unggulan. Antara lain seperti durian,mangga,alpokat,kelengkeng ,jambu.

Untuk lokasi penanaman sendiri dilakukan do area pondok pesantren An Nawawi Berjan Purworejo.

Ketua panitia Harlah BERKAT , Syahrul Fahmi Indardi mengatakan, tujuan acara ini  harlah seperti  di tema “suro diro joyonigrat lebur Dening Pangestuti”. Artinya semua keserakahan akan kalah dengan keikhlasan.

“Secara garis besar mendidik kader supaya siap sedia nderek kyai dalam hal apapun dengan ikhlas. Dan tujuan penanaman bibit buah ini untuk menghijaukan area wilayah pondok pesantren  agar sejuk asri nyaman. Dan untuk kebun buah untuk para santri disini dan kelak kalau berbuah bisa bermanfaat para santri juga yang lainya ,” katanya.

Sementara  Ahmad Syaiful H. salah satu alumni pondok pesantren An Nawawi mengaku tetap mendukung giat penanaman bibit buah tersebut.

“Tentunya hal otu bisa untuk penghijauan juga bisa untuk diambil buahnya kelak nanti saat musim buah. Terpenting bisa untuk pembelajaran para santri untuk mendapatkan ilmu dari cara penanaman bibit buah yang bagus; cara perawatannya, cara pembuatannya. Dan juga santri bisa belajar cara penjualan bibit buah secara online untuk mengisi kekosongan saat selesai belajar atau selesai ngaji,” tambahnya.

Salah satu relawan RPLH, Annisa WK menambahkan bahwa kegiatan diharapkan bisa bermanfaat untuk para santri juga para alumni pondok pesantren. “Hal ini juga bisa jadi ajang saling berbagi ilmu tentang tanaman buah-buahan. Serta  bisa berbagi ilmu untuk peduli dengan lingkungan hidup,” tambahnya. (bibit/bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!