Puncak Rangkaian P5, SMPN 2 Dukun Gelar Karya dan Bazar

BNews-MAGELANG– SMPN 2 DUKUN melangsungkan Gelar Karya dan Bazar sebagai puncak acara (6/3/2024) di Halaman Sekolah. Gelar karya ini merupakan rangkaian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan imbas dari pelaksanaan kurikulum merdeka.

Dengan mengusung Tema “Gelar Karya dan Bazar sebagai wujud Implementasi Kurikulum merdeka yang Cerdas, Kreatif, dan Peduli Budaya Lokal”.

Sebelum puncak gelar karya dan bazar terdapat pra kegiatan yang melibatkan siswa-siswi SD se-ke camatan Dukun untuk melangsungkan perlombaan Volly Putra/putri dan Lomba LINUM (Literasi dan Numerasi).

Lomba Volly telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Februari 2024. Lomba ini diikuti oleh 12 tim volly putra dan 4 tim volly putri. Pertandingan ini menngambil 4 juara dan dimenangkan oleh MI Mangunsuko, SDN 1 Sengi, SDN Krinjing 2, SDN Dukun 1 untuk tim putra. Sedangkan tim putri yaitu SDN Sewukan, MI Mangunsuko dan SDN Mangunsuko.

Kemudian Lomba Linum yang telah dilaksanakan pada hari Senin, 6 Maret 2024 diikuti sebanyak 17 sekolah dengan jumlah siswa 67. Mereka memperebutkan peringkat 1-10.

Dalam pelaksanaannya, peserta didik kelas VII dibagi kedalam kelompok berdasarkan minat dan bakat siswa. Adapun proyek yang ditampilkan adalah pameran hasil karya siswa, Gedruk, Rebana, gamelan, Tari Mangastuti, Tari Caping, Nyanyian daerah, Topeng ireng dan warog.

Diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini seluruh siswa bisa memahami, peduli, melestarikan budaya lokal dan menerapkan nilai pendidikan pancasila yang telah ditamankan, sehingga bisa menjadi pelajar dengan profil panca sila sejati.

IKUTI BERITA UPDATE KAMI DI GOOGLE NEWS GRATIS (KLIK DISINI)

Pada tahap pertama ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok di setiap kelasnya. Dimana dalam satu kelas didampingi 2 orang  guru pendamping. Dengan harapan projek yang diberikan kepada siswa mampu membangun pengalaman nyata siswa dalam kehidupan bermasyarakat serta memenuhi tujuan pembelajaran P5.

Ketua Projek pertama P5, Danang Novianto menyampaikan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk memperkenalkan budaya lokal.

“Kami kenalkan budaya lokal sini, seperti Rejeban, tata cara rejeban, makanan khas tradisional yang di sediakan untuk rejeban; dan kesenian lokal yang ditampilkan pada rejeban tersebut,” katanya disela-sela acaa.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Dukun Denik Isrowati, M.Si mengatakan, profil pelajar pancasila merupakan; salah satu kegiatan projek yang ada dikurikulum merdeka dan ini merupakan projek keduanya di tahun pelajaran 2023/2024.

“Dimana dalam hal ini kita dapat menemukan minat bakat siswa sesuai dengan apa yang diminati, memperkenalkan budaya lokal; dan siswa mampu menerapkannya didalam masyarakat.  Terimakasih kepada seluruh orang tua yang telah memberikan dukungan kepada anak-anaknya karena telah mendukung sepenuhnya kegiatan ini dari awal sampai akhir,” ucapnya.

Gelar karya ini dihadiri oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang, Pengawas SMP Disdikbud Kabupaten Magelang, Forkompincam Dukun, Dinas pertanian dan pejabat di kecamatan Dukun.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Slamet Achmad Husein,S.E,MM selaku Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang.

Ia mengapresiasi kegiatan ini karena terjadi sinergi yang harmonis antara Tri Pusat Pendidikan yaitu sekolah,wali murid,dan masyarakat.

Acara ini disaksikan oleh siswa siswi kelas 6 dari sd/MI di kecamatan Dukun, orang tua siswa-siswi kelas VII, VIII, IX, kepala sekolah SD/MI di kecamatan Dukun, guru dan karyawan serta para siswa kelas VII, VIII, dan IX SMPN 2 Dukun. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: