IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Ribuan Pelajar Sekolah Dasar Sederajat di Magelang Akan Terima Imuninasi

BNews–MUNGKID– Puluhan ribu anak pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat di Kabupaten Magelang akan terima imunisasi. Hal itu merupakan program Pemkab Magelang dalam imunisasi lanjutan yang dikenal dengan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang dr RR Sri Wahyuningsih mengatakan, BIAS merupakan Program Nasional. Kegiatan tersebut rutin diadakan setiap tahun.

“Program BIAS tetap harus dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran Kementrian Kesehatan (Kemenkes). Namun dalam pelaksanaannya harus menerapkan protokol kesehatan dan mulai dilaksanakan pada Agustus dan November 2020,” katanya kemarin (12/8/2020).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa Program BIAS ini bertujuan untuk memberikan perlidungan kepada anak-anak usia SD sederajat terhadap beberapa jenis penyakit. Antara lain Campak Rubela atau Measles Rubella (MR) dan Difteri Tetanus.

“Berdasar penelitian, penyebaran penyakit Rubela dimasyarakat saat ini hampir setara dengan Campak. Dan harapannya anak yang di imunisasi menjadi SDM yang berkualitas kedepan,” harapnya.

Wahyuningsih juga menegaskan bahwa BIAS tersebut untuk mencegah penyakit yang dapat dicegah. “Ya agar tidak menjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) dalam  Pandemi,”tegasnya.

Menurutnya, pelaksanaan program BIAS di masa pandemi Covid 19 menjadi tantangan tersendiri. Sehingga membutuhkan dukungan semua pihak, baik Puskesmas, sekolah, dan orang tua.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Untuk menekan kemungkinan terjadinya penularan Covid-19 proses imunisasi dilakukan secara bertahap di masing-masing sekolah. Dalam proses tersebut, di sekolah harus dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kita memilih alternatif pertama yaitu pelaksanaan di sekolah. Dengan kita mengendalikan faktor resiko penularan Covid19,” imbuhnya.

Sementara Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Dwi Susetyo menambahkan bahwa pihaknya sudah lakukan koordinasi. “Kita sudah komunikasikan dengan pihak terkait seperti Puskesmas; Dinas Pendidikan dan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Magelang. Selain itu, juga telah melakukan sosialisasi dan edukasi juga sudah dilakukan ke semua pihak,” tambahnya.

“Ditargetkan program BIAS MR selama bulan Agustus 2020 selesai. Dilanjutkan BIAS DT dan TD di bulan Nopember 2020,” ujarnya.

Dikatakan Dwi terkait Vaksin imunisasi kali ini adalah Measles Rubela (MR) Diferi Tetanus (DT) dan Tetanus Difteri (TD).

Sedangkan sasaran imunisasi, sekitar 21 ribu siswa tersebut dengan estimasi untuk masing-masing kelas yakni imunisasi vaksin MR untuk kelas 1 SD sebanyak 21 ribu. Imunisasi vaksin DT untuk kelas 1 SD 21 ribu. Demikian pula untuk kelas 2, 5 dan 6 SD estimasi masing-masing 21 ribu. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: